Ciri-ciri Mamalia Laut

Mamalia adalah vertebrata (hewan dengan tulang punggung) yang memiliki berbagai macam karakteristik seperti menyusui anak-anaknya, menghirup udara, memiliki rambut di beberapa titik dalam tubuhnya, dan berdarah panas. Ada dua jenis mamalia yaitu mamalia darat (land mammals) yang hidup di darat (daratan) dan mamalia laut (marine mammals) yang hidup di laut (air).

Ciri-ciri Mamalia Laut
image: www.lenteraonline.com

Ciri-ciri Mamalia Laut

Mamalia laut adalah spesies mamalia yang bergantung pada lautan untuk semua atau sebagian besar hidup mereka. Ada sekitar 115 spesies mamalia laut yang berbeda. Hewan Mamalia laut bervariasi mulai dari berang-berang laut kecil hingga paus biru raksasa. Beberapa dari mereka hidup berkelompok, seperti lumba-lumba, sementara yang lain hidup menyendiri, seperti beruang kutub.

Semua mamalia laut memiliki empat ciri-ciri atau karakteristik, yaitu:

Lenterapedia:  Mengapa sarang lebah berbentuk heksagonal?
  1. Memiliki bentuk tubuh ramping yang membuat mereka perenang yang sangat baik.
  2. Mempertahankan panas di tubuh mereka dengan lapisan lemak yang disebut lemak.
  3. Memiliki sistem pernapasan (pernapasan) yang memungkinkan mereka untuk tinggal di bawah air untuk waktu yang lama.
  4. Memiliki sistem ekskresi (limbah) yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup tanpa minum air tawar. Sebaliknya mereka memperoleh air yang mereka butuhkan dari makanan yang mereka makan.

Mamalia laut termasuk dalam tiga kelompok ordo. Ordo adalah klasifikasi sekelompok organisme, yang akhirnya terbagi menjadi spesies. Kelompok ordo mamalia laut tersebut, antara lain:

1. Ordo Cetecea

Ordo Cetacea mungkin berevolusi dari mamalia berkuku yang mirip dengan kuda dan domba. Ada sekitar tujuh puluh tujuh spesies cetacea, termasuk paus, lumba-lumba, dan lumba-lumba. Semua hewan ini menjalani seluruh hidup mereka di dalam air. Ordo Cetacea dikelompokkan juga menjadi dua sub ordo yaitu Odontoceti (paus bergigi), dan Mysteceti (paus balin).

Lenterapedia:  Bagaimana Sungai Mengukir Bumi Kita ?

2. Ordo Carnivora

Karnivora merupakan hewan yang saling memangsa (pemakan daging) seperti anjing, kucing, beruang, dan musang. Ada dua sub ordo karnivora pada mamalia laut yaitu: Sub ordo Pinnipedia termasuk anjing laut , singa laut, anjing laut berbulu, walrus. Dan Sub ordo Fissipedia termasuk berang-berang laut dan beruang kutub.

3. OrdoSirenia.

Sirenia, juga disebut sapi laut, berevolusi dari mamalia darat berkuku, seperti cetacea. Sirenia termasuk manatee , yang merupakan mamalia laut pemakan tumbuhan besar, dan duyung (umumnya dikenal sebagai sapi laut). Mereka adalah satu-satunya mamalia laut pemakan tumbuhan seperti rumput laut dan alga (tanaman kecil tanpa akar yang tumbuh di perairan hangat).

Mamalia Laut yang Terancam Punah

Dari 115 spesies mamalia laut, 22 dianggap terancam punah pada tahun 2004, termasuk paus biru, paus abu-abu, paus finback, anjing laut biarawan Hawaii, singa laut bintang, berang-berang laut, dan keempat spesies duyung. dan manate.

Lenterapedia:  Sekilas Sistem Golongan Darah A, B, O

Sebagian besar ancaman ini disebabkan oleh aktivitas manusia. Orang-orang memburu hewan-hewan ini untuk diambil kulitnya, lemaknya, dan dagingnya, dan menghancurkan habitat mereka dari penangkapan ikan yang berlebihan dan penambangan.

 

Ciri-ciri Mamalia Laut

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *