6 Fakta Seputar Planet Mars

Planet mars merupakan planet yang disebut-sebut oleh peneliti mampu untuk menjadi rumah hunian baru bagi manusia setelah bumi. Mars yang merupakan planet keempat dari matahari ini juga merupakan planet dengan ukuran terkecil setelah Merkurius. Selain fakta tersebut, Mars juga sering dijuluki sebagai planet merah.

Fakta Seputar Planet Mars

6 Fakta Seputar Planet Mars

Berikut ini ada 6 fakta lainnya seputar planet Mars yang mungkin baru Anda ketahui.

1. Total daratan Mars

Fakta planet Mars diperkirakan sekitar 15% dari volume dan 10% dari massa Bumi. Mars memang diklaim mirip dengan bumi. Namun, bumi tertutupi oleh 70% air sedangkan Mars tidak. Selain itu, gravitasi di Mars hanya 37% dari gaya gravitasi bumi. Artinya, jika Anda tinggal di Mars, Anda bisa melompat 3 kali lebih tinggi saat di bumi.

Lenterapedia:  Ikan Butuh Tidur Sama Seperti Makhluk Hidup Lainnya

2. Awal mula nama Mars

Fakta Mars diambil dari nama dewa perang Romawi. Menurut cerita, nama Mars diambil karena warna Mars yang merah dan melambangkan pertumpahan darah saat perang.

3. Mars berada di bumi

Kepingan-kepingan dari Mars sebenarnya telah ditemukan di Bumi, termasuk jumlah jejak atmosfer Mars yang ada di dalam meteorit yang berasal dari Mars. Meteorit tersebut mengorbit tata surya selama jutaan tahun sebelum akhirnya memasuki atmosfer dank kemudian jatuh ke Bumi.

4. Misi ke Mars

Fakta tentang misi ke Mars, hingga saat ini telah dilakukan sebanyak 39 misi ke Mars dari Bumi. Semuanya dimulai di tahun 1960 dengan melakukan misi Marsnik 1 USSR. Namun dari 39 misi pendaratan, penjelajahan, dan pengorbitan ke Mars, baru 16 yang sukses.

Lenterapedia:  Fakta Hewan Yang Paling Ditakuti Ular

5. Mars punya gunung tertinggi ke-2 di tata surya

Disebut Olympus Mons, gunung ini tingginya 21 km dan diameter 600 km. Jenis gunung berapi ini terbentuk miliaran tahun lalu. Para ilmuwan baru-baru ini menemukan beberapa bukti yang menunjukkan jika Olympus Mons masih merupakan gunung berapi aktif. Hanya ada satu gunung yang lebih tinggi dari Olympus Mons, yaitu Rheasilvia Central Peak yang berada di asteroid Vesta.

6. Ada kehidupan di Mars

Fakta seputar planet Mars yang terakhir. Dulunya, Mars diyakini memiliki kehidupan seperti yang terjadi di Bumi, karena ditemukan jejak berupa garis atau lekukan di permukaan planet. Garis-garis bernama canali ini pertama kali ditemukan oleh astronom Italia Giovanni Schiaparelli. Sayangnya setelah kemajuan ilmu astronomi, garis-garis tersebut terbukti hanya ilusi optik.

Lenterapedia:  Mitos dan Fakta Mengenai Budaya Perusahaan

6 Fakta Seputar Planet Mars di atas dirangkum dari beberapa sumber yang menurut Lenterapedia layak diketahui, karena masih banyak fakta lainnya namun belum diketahui kebenarannya.

 

Fakta Seputar Planet Mars

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *