16 Fakta Menarik Tentang Bosnia dan Herzegovina

Negara Bosnia dan Herzegovina merupakan sebuah negara kecil di Semenanjung Balkan yang luasnya hampir sama dengan luas provinsi Jambi di Sumatera. Akan tetapi negara ini mempunyai masa lalu dan sejarah yang cukup dalam tentang perang saudara yang terjadi di negara Bosnia.

bosnia herzegovina

16 Fakta Menarik Tentang Bosnia dan Herzegovina

Berikut rangkuman 16 fakta tentang negara Bosnia dan Herzegovina.

1. Nama Bosnia dan herzegovina

Nama bosnia berasal dari bahasa illyra, bass-an-as yang berarti air yang mengalir, selain itu ada juga yang menuturkan kata bosnia berasal dari bahasa indo-eropa bosana yang berarti air. Sedangkan herzegovina diambil dari nama herceg-stjepan, yang menunjukan bangsawan yang berkuasa di bagian selatan bosnia sampai invasi ottoman pada abad 15.

2. Negara 2 Federasi

Bosnia dan herzegovina terdiri dari 2 negara federasi, yaitu negara federasi bosnia-herzegovina dan federasi republik sprska. Di negara ini juga terdapat distrik yang diawasi oleh internasional, yaitu distrik brcko.

3. Julukan Bosnia

Bosnia di juluki dengan daratan berbentuk hati karena bentuk dari wilayahnya menyerupai bentuk hati.

4. Banyak Ranjau Aktif

Lenterapedia:  Fakta Hewan Yang Paling Ditakuti Ular

Sebagai akibat dari perang saudara bosnia tahun 1992-1995, terdapat sekitar 30.000 ranjau aktif yang masih tersebar di beberapa wilayah negara tersebut.

5. Lagu Kebangsaan Tanpa Lirik

Lagu kebangsaan bosnia dan herzegovina adalah salah satu lagu kebangsaan di dunia yang tidak memiliki lirik. Hal ini di sebabkan dari perpecahan etnis di negara ini, yang kemudian membuatnya sulit untuk menemukan satu set lirik yang mewakili ketiga etnis utama secara setara.

6. Mata Uang Lokal

Mark bosnia Mata uang bosnia tidak dapat di tukar diluar bosnia. Mata uang ini tidak dapat di gunakan untuk membeli di luar bosnia.

7. Tunnel of hope atau terowongan harapan

Tunnel of hope atau terowongan harapan, adalah terowongan yang dibangun di sarajevo oleh tentara bosnia selama masa perang tahun 1992-1995, terowongan ini bertujuan untuk menyalurkan bantuan makanan, obat-obatan, bahan bakar, dan mengungsikan orang-orang yang terluka akibat bentrokan dengan tentara serbia.

8. Ornamen Sarajevo roses

Sarajevo roses, adalah ornamen menyerupai bunga yang dapat dijumpai di trotoar jalanan sarajevo. Ornamen ini bukanlah ornamen biasa, melainkan kumpulan memorial perang. Ribuan mortar melontar di jalanan kota tersebut ketika perang berlangsung. Setelah perang berakhir bekas mortar tersebut di cat dengan warna merah.

Lenterapedia:  Mitos dan Fakta Mengenai Budaya Perusahaan

9. Kota sarajevo

Kota sarajevo juga pernah masuk dalam nominasi 10 kota yang harus dikunjungi di dunia.

10. Pasar Kuno

Bascarsija, adalah pasar kuno di sarajevo. Pasar ini di bangun pada masa pemerintahan ottoman di wilayah itu. Bascarsija adalah pusatnya sarajevo dan selalu di padati oleh pengunjung, tempat ini sangat kaya akan bangunan keagamaan dan budaya, serta sejarah yang penting.

11. Tempat Ziarah

Kota medjugorjeis adalah kota kecil yang terkenal sebagai tempat ziarah umat katolik. Tercatat jutaan pengunjung berziarah ke tempat ini sejak tahun 1981.

12. Hutan Purba

Bosnia adalah salah satu dari dua negara yang memiliki hutan purba di eropa. Hutan purba perucica yang ada di negara bosnia ini mempunyai luas 1400 hektar dengan bermacam pohon yang berusia hingga ratusan tahun, hutan ini bisa dikunjungi dan harus didampingi oleh penjaga taman nasional.

13. Nisan Kuno

Stecak adalah batu nisan kuno pada abad pertengahan, yang dapat dilihat tersebar di seluruh wilayah pedesaan bosnia herzegovina.

Lenterapedia:  Sejarah Negara Bosnia Dan Herzegovina

14. Jembatan mehmed pasa sokolovic

Jembatan mehmed pasa sokolovic adalah jembatan bersejarah di visegrad, berdiri di atas sungai drina, Jembatan ini melintasi Sungai Drina di wilayah timur Bosnia dan Herzegovina. jembatan ini selesai di bangun pada 1577.

Pembangunan jembatan ini diselesaikan oleh arsitek Mimar Sinan dari Kesultanan Utsmaniyah atas perintah dari Wazir Agung Mehmed Paša Sokolović. Panjang jembatan ini tercatat sebesar 179.5 meter. dan Pada tahun 2007, jembatan ini dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

15. Penikmat Kopi

Warga bosnia adalah penikmat kopi, terbukti negara ini memiliki konsumsi kopi per kapita tertinggi kesepuluh di dunia. banyak sebutan untuk kopi di negara ini seperti kafa, kava, kahva, kratka, produzena, domaca, dan truska.

16. Suka Ngobrol

Selain ngopi orang-orang bosnia juga sangat suka nongkrong dan ngobrol berjam-jam, dan sudah pasti ditemani kopi dan rokok. Budaya yang hampir mirip dengan budaya di negara indonesia.

 

16 Fakta Menarik Tentang Bosnia dan Herzegovina

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *