5 Fakta Menarik Tentang Sumo

Sumo adalah salah satu olah raga tradisional Jepang yang masih bertahan hingga sekarang. Olah raga ini tidak hanya mempertontonkan kekuatan saja, melainkan juga harga diri yang berbalut dengan tradisi yang kental. Pemain sumo biasanya dianggap hebat dan sangat dihormati oleh banyak orang di Jepang. Bahkan di luar Jepang pun, banyak orang terobsesi untuk menjadi sehebat pemain sumo.

Fakta Menarik Tentang Sumo

Fakta Menarik Tentang Sumo

Berikut ada beberapa fakta dari pemain sumo yang tak banyak orang tahu.

1. Pemain sumo sebenarnya tidak harus gemuk

Salah satu hal yang ada di pikiran kita, jika mendengar kata sumo, pemainnya pasti gemuk. Tidak salah, Namun sebenarnya, di awal kemunculannya, pemain sumo tidaklah gemuk bahkan diharuskan berbadan skinny (kurus), namun memiliki otot yang kuat untuk menghadapi musuh.

Lenterapedia:  5 Fakta Unik dan Menarik Tentang Jangkrik

Dalam perkembangannya, pemain sumo justru bertransformasi menjadi figur yang berbadan tambun dan besar. Badan besar dalam olah raga sumo, dianggap sebagai kekuatan. Pemain sumo dengan badan besar akan memiliki banyak penggemar dan banyak pula gadis yang akan menempel.

2. Melarang adanya keterlibatan wanita

Sumo menjadi salah satu olah raga yang melarang adanya keterlibatan wanita dalam pertandingannya. Baik untuk menjadi salah satu pegulat, maupun untuk sekadar menonton. Masyarakat Jepang percaya bahwa keberadaan wanita dapat membuat Dewi persembahannya menjadi cemburu.

Namun seiring perkembangannya, ada beberapa pertandingan sumo yang kini telah memperbolehkan wanita untuk turut berpartisipasi di dalamnya.

3. Pernah ada tradisi sumo wanita di Jepang

Lenterapedia:  Fakta Unik Tentang Negara Bolivia

Di masa lalu, pemain sumo wanita, ternyata pernah ada di Jepang. Mereka memiliki kandang sendiri-sendiri dan melakukan tanding. Seiring berjalannya waktu, sumo wanita ini ditiadakan meski sebenarnya, banyak wanita yang tetap ingin melakukan pertarungan di atas ring.

Saat ini, Asosiasi Sumo Jepang, melarang adanya pemain wanita bertanding di dalam ring. Hal ini dilakukan karena olah raga ini sarat dengan kekerasan, dan bisa membunuh. Itulah alasan hanya pemain pria yang boleh main, dan melakukan kejuaraan yang sangat bergengsi di jepang ini

4. Awal mula Sumo merupakan salah satu ritual keagamaan

Menjadi salah satu olah raga tertua di dunia, Sumo ternyata awal mulanya merupakan salah satu bagian yang digunakan untuk ritual keagamaan masyarakat Jepang. Pertandingan sumo dikatakan sebagai pertandingan antara manusia dan juga Dewa Shinto. Serta, wasit pertandingan disebut sebagai Pendeta Shinto.

Lenterapedia:  Kalkun Bisa Terbang Meskipun Tak Jauh

5. Rambut Panjang

Seorang pesumo, diharuskan untuk memanjangkan rambutnya agar bisa diikat membentuk Chonmage. Chonmage adalah bentuk potongan rambut jambul tradisional Jepang yang dikenakan oleh pria. Ini paling sering dikaitkan dengan samurai di periode Edo. Ternyata, awalnya tidak semua pesumo diwajibkan untuk berbadan besar, namun justru harus memanjangkan rambut

 

Fakta-fakta Menarik Tentang Sumo

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *