Perbedaan Pipa Seamless dan Welded

perbedaan pipa seamless dan welded

Mungkin Anda bingung dengan perbedaan pipa seamless dan pipa welded? Karena itulah Anda berada di sini.

Beragam pilihan jenis pipa hadir untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar. Ketika dijual di toko, distributor yang jual pipa seamless mengkategorikan pipa-pipa sesuai spesifikasinya. Dengan begitu pipa yang dipilihkan untuk pembeli bisa tepat.

Namun, banyaknya jenis pipa di pasaran juga bisa membuat bingung meski sudah dikategorikan. Terutama bagi Anda yang tidak terlalu paham dengan perpipaan, tentunya hal ini bisa menjadi masalah.

Salah satu jenis pipa yang sering digunakan yaitu pipa seamless dan welded. Keduanya sama-sama merupakan pipa baja. Meski tampilannya mirip, namun pipa seamless dan welded sebenarnya memiliki banyak perbedaan dari berbagai aspek. Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa itu Pipa Seamless dan Welded?

Pipa seamless adalah pipa tanpa las atau sambungan pada bagiannya. Pipa ini terbuat dari material baja padat yang dipanaskan. Prosesnya pembuatannya pun cukup rumit dan melalui beberapa tahapan.

Jika pipa seamless identik dengan pipa tanpa sambungan, maka pipa welded adalah kebalikannya. Sesuai namanya, pipa welded merupakan pipa yang dibuat melalui proses pengelasan.

Perbedaan Pipa Seamless dan Welded dari Segi Pembuatan

Pipa seamless bisa diproduksi dengan menggunakan 3 metode, yaitu Extraction Process (menggunakan alat die), Pilger-Mill atau Mandrel Mill Process (melalui proses pelubangan silinder), dan Hot Rotary Piercing atau Mannesmann Plug Mill Process (melubangi billet baja dengan set roll).

Namun, secara umum, pipa seamless dibuat dengan memanaskan batang baja padat. Setelah itu, baja panas dimasukkan dalam cetakan dan ditekan hingga membentuk tabung tanpa sambungan las.

Lain halnya dengan pipa welded. Untuk membuat pipa welded, dibutuhkan lembaran plat atau strip baja yang digulung menjadi tabung pada mesin pelengkung plat. Baja gulung tersebut kemudian disambung dengan cara dilas. Pipa yang dihasilkan akan memiliki garis sambungan di badannya. Karena itulah, pipa welded disebut juga pipa sambung.

Teknik pengelasan pada pembuatan pipa welded pun banyak. Pada las pipa spiral, salah satu teknik yang paling populer yaitu dengan Submerged Arc Welding. Lalu, pada las pipa longitudinal, bisa menggunakan Electric Resistance Welding, High-Frequency Welding, dan Electro Fusion Welding.

Perbedaan Pipa Seamless dan Welded dari Segi Daya Tahan

Untuk urusan daya tahan, pipa seamless sangat bisa diandalkan. Pipa seamless lebih tahan korosi karena permukaannya halus dan bebas cacat las.

Selain itu, pipa seamless lebih tahan terhadap tekanan dan suhu tinggi karena tidak ada sambungan las. Dalam jangka waktu lama, sambungan las pada pipa bisa menjadi rapuh atau lemah jika tidak diproses dengan tepat.

Pipa welded pun dapat diandalkan karena kuat. Namun, hal ini tergantung pada kualitas pengelasannya. Pengelasan yang bagus akan menghasilkan sambungan pipa yang kuat dan mampu tahan lama.

Namun, jika pengelasannya buruk, hasil sambungannya akan mudah rapuh, tidak tahan terhadap tekanan maupun suhu tinggi, dan tentan korosi. Karena itu, Anda perlu cermat saat memilih pipa welded, terutama perhatikan bagian sambungannya.

Perbedaan Pipa Seamless dan Welded dari Segi Harga

Di pasaran, pipa seamless pun dijual dengan harga lebih mahal. Mengingat proses pembuatannya yang panjang dan rumit demi menghasilkan pipa kuat tanpa sambungan. Sementara itu, pipa welded dijual dengan harga yang cenderung murah daripada pipa seamless.

Perbedaan Pipa Seamless dan Welded dari Segi Penggunaan

Pipa seamless merupakan pilihan yang lebih ekonomis untuk aplikasi yang tidak memerlukan persyaratan yang ketat. Misalnya pada sistem drainase, irigasi, dan konstruksi umum.

Pipa seamless direkomendasikan untuk aplikasi yang membutuhkan kekuatan, ketahanan korosi, dan konsistensi dimensi yang tinggi, seperti pada boiler, heat exchanger, dan pipa tekanan tinggi.

Untuk pembelian pipa seamless bisa dilakukan pembelian di tricon.co.id. Disini tersedia berbagai jenis pipa dengan harga yang terjangkau dan bervariasi.

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *