Begini Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2 Via PC

Xiaomi Redmi Note 2 merupakan salah satu ponsel asal Tiongkok yang sedang naik daun di Indonesia. Selain harga ramah di kantong, spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi Redmi Note 2 cukup handal. Meskipun memiliki kualitas mumpuni, namun yang namanya ponsel terkadang bermasalah seperti terjadi bootloop. Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas cara flash Xiaomi Redmi Note 2 jika terjadi bootloop.

Flashing Xiaomi Redmi Note 2

Bootloop bisa menjadi mimpi buruk untuk pemilik perangkat Android karena perangkat ponsel tidak bisa digunakan lagi karena terjadi kegagalan system sehingga ponsel mengalami masalah dalam booting, dan akan mengakibatkan restart terus menerus. Bukan hanya di Xiaomi Redmi Note 2 saja, bootloop bisa terjadi di semua ponsel, bahkan bisa terjadi di ponsel kelas premium sekalipun.

Umumnya bootloop terjadi dikarenakan kesalahan seperti melakukan flashing custom ROM baru, menginstal mod untuk sistem Android yang  tidak kompatibel , salah mengatur permission dari sebuah file sistem dan terkadang melakukan restore file yang berkaitan dengan sistem.

Umumnya pemilik posel segera membawa ke tukang service atau ke service center Xiomi. Padahal ada cara untuk memperbaiki yang bisa dilakukan dengan bantun PC atau laptop. Memang sedikit ribet jika belum pernah mencoba sendiri. Namun tidak ada salahnya mencoba sebelum membawa ke servis hape.

Lenterapedia:  Klasifikasi dan Biota Lahan Basah

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2 Via PC

Terdapat banyak cara flash untuk mengatasi apabila ponsel mengalami bootloop setelah terjadi kesalahan yang telah disebutkan di atas. Namun cara flash untuk mengatasi bootloop ini untuk Xiaomi Redmi Note 2 dengan menggunakan aplikasi yang diinstal di PC atau laptop.

Cara flashing Xiaomi Redmi Note 2 ini dikutip dari laman https://joshswiller.com, salah satu media online yang menyuguhkan informasi seputar teknologi dan informasi.

Untuk melakukan flashing diperlukan software pendukung  dan tentunya PC atau laptop. Berikut tools software yang dibutuhkan:.

  • Mi PC Suite download di  https://pcsuite.mi.com
  • Mi Flash download di http://bigota.d.miui.com/tools/MiPhone20151028.exe

Instal semua software tersebut di PC atau laptop yang akan digunakan untuk flashing.

Kemudian download juga

  • ROM Fastboot Redmi Note 2 download di http://en.miui.com/a-234.html atau https://xiaomiui.net/download/redmi-note-2/.

Langkah pertama setelah mendownload dan menginstal software, lakukan langkah-langklah sebagai berikut:

1. Buka folder hasil download kemudian pilih Redmi Note 2 Latest Global State Version Fastboot. Terakhir berupa file dengan nama Hermes_images_V6.7.7.0.LHMCNCH_20150826.0000.7_5.0_CN. (nama file bisa berbeda karena MIUI Stable ROM ada pembaruan setiap 2 bulan) berupa file .tgz.

Lenterapedia:  Teori Kejadian Alam Semesta dan Tata Surya

Agar tidak terjadi error, sebaiknya jangan diektrak langsung menjadi  folder. Klik dua kali agar aplikasi pengekstraks seperti Winrar mengekstrak sendiri. Kemudian hasil ekstrak pindahkan ke drive yang lega (mengingat file ini cukup besar)

2. Setelah selesai ekstraks, buka aplikasi MiFlash.exe yang telah diinstal sebelumnya. Untuk memulai, klik browse hasil ekstrak ROM Fastboot Redmi Note 2 yaitu Hermes_images_V6.7.7.0.LHMCNCH_20150826.0000.7_5.0_cn, kemudian pilih “images” lalu klik “OK”.

3. Pada menu Browse klik tanda panah kebawah, kemudian pilih “Advanced”. Lihat bagian Fastboot Script kemudian klik Browse dan cari file “Hermes_images_V6.7.7.0.LHMCNCH_20150826.0000.7_5.0_cn” lalu pilih flash_all.bat. Untuk setingan yang lainnya, biarkan Default.

4. Klik “‘OK” dan software akan mem-format semua sistem Xiaomi, termasuk data + file.

Langkah kedua setelah software mem-format semua sistem Xiaomi di PC atau lptop.

1. Matikan ponsel Xiaomi Redmi Note 2 yang mengalami bootloop. Jika tidak bisa melalui tombol off, bisa langsung mencopot baterai, kemudian pasang kembali.

2. Hidupkan ponsel dengan menekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan sampai ponsel menyala untuk masuk ke dalam mode FASTBOOT.

Lenterapedia:  Layanan Konsultasi Kesehatan Online

3. Sambungkan ponsel Xiaomi Redmi Note 2 ke komputer dengan kabel USB dan tunggu aplikasi MiFlash akan mendeteksi ponsel. Klik “Refresh” jika belum terdeteksi.

4. Jika ponsel sudah terdeteksi, lanjutkan proses flashing dengan klik “Flash” dan tunggu sampai proses flashing selesai.

5. Jika proses flashing sudah selesai dan sukses, maka ponsel Xiaomi Redmi Note 2 akan melakukan restart secara otomatis.

6. Ponsel Xiaomi Redmi Note 2 dapat dicabut komputer dan tunggu sampai ponsel menyala kembali. Pada umumnya, ponsel akan kembali menyala membutuhkan waktu yang cukup lama sedang dalam proses pemulihan.

Sekali lagi, cara flash ponsel  apapun mereknya, sedikit ribet dan membutuhkan kesabaran dan kecermatan karena membutuhkan tools maupun perangkat lainnya. Terutama bagi yang pertama kali melakukan flashing.

Namun cara ini bisa jadi alternatif agar ponsel dapat segera digunakan daripada dibawa ke tempat service yang mungkin saja membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, biaya relatif lebih murah karena hanya perlu paket data untuk men-download software dan ROM.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sumber: https://www.lamgalleryla.com/tips/cara-flash-xiaomi-redmi-note-2

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

2 Comments

  1. Assalamualaikum mas, apakah bisa untuk anchortexnya di ubah, soalnya alamat situs lama sudah deindex. Terimakasih mas sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *