Sejarah Lampu Mercusuar

Sejarah Lampu Mercusuar

Mercusuar (lighthouse) adalah bangunan tinggi atau menara yang memiliki cahaya (suar) di bagian atasnya sebagai penanda navigasi kapal di laut atau di perairan darat (danau).

Mercusuar dibangun untuk menandai garis pantai yang berbahaya, menandai kawasan berbahaya seperti gugusan karang , terumbu karang , dan sebagai jalur pintu masuk yang aman ke pelabuhan serta membantu dalam navigasi udara.

Saat malam hari, lampu yang ada pada mercusuar akan dinyalakan yang berfungsi sebagai penunjuk arah bagi kapal-kapal saat malam hari.

Sejarah Lampu Mercusuar

Awalnya, para pelaut pada malam hari dipandu oleh api yang dibuat di puncak bukit dekat pantai sebagai penanda pintu masuk ke pelabuhan.

Untuk lebih meningkatkan terlihatnya cahaya api, maka dibangunlah menara tinggi dengan api berada di atas bangunan tinggi tersebut yang kemudian disebut mercusuar.

Mercusuar pertama kali diperkirakan adalah  mercusuar Alexandria (The Lighthouse of Alexandria atau Pharos of Alexandria)  yang dibangun oleh Kerajaan Ptolemeus , pada masa pemerintahan Ptolemy II Philadelphus (280–247 SM).

Butuh dua belas tahun untuk menyelesaikan, yang akhirnya menjadi  prototipe untuk semua mercusuar di dunia.

Cahaya yang dihasilkan berasal dari api yang dibakar dari  tungku di bagian atas bangunan menggunakan kayu. Agar api terus menyala pada malam hari, ada penjaga yang bertugas.

Namun mercusuar  yang tingginya diperkirakan mencapai 100 meter secara keseluruhan tersebut rusak parah oleh gempa bumi antara 956 dan 1323 M, yang akhirnya menjadi reruntuhan.

Seiring waktu, api mercusuar menggunakan lampu kaca sumber cahaya dengan bahan bakar minyak, gas, reflektor, penggunaan lensa Fresnel , dan dalam sistem rotasi dan penutupan.

Namun dalam pengoperasiannya tetap dengan petugas untuk memangkas sumbu, mengisi bahan bakar, dan perawatan seperti membersihkan lensa dan jendela.

Pada mercusuar modern, mulai sekitar tahun 1990-an penjagaan mercusuar secara manual sudah banyak yang ditinggalkan. Hampir semua mercusuar sekarang otomatis. Selain itu, fungsi mercusuar tergantikan oleh peralatan modern seperti GPS

 

Sejarah Lampu Mercusuar

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *