Fakta Unik Tentang Negara Bolivia

Sebelumnya telah ditulis tentang Sejarah Bolivia, Negara Dengan Plurinasional. Kali ini akan dibahas beberapa fakta unik tentang negara Bolivia yang terletak di pegunungan Andes Amerika Selatan dan pernah menghadapi berbagai masalah politik di negaranya hingga membuat negara ini tertinggal.

Fakta Unik Negara Bolivia

Fakta Unik Negara Bolivia

Nama Bolivia diambil dari nama Simon bolivar yang merupakan seorang pemimpin militer dan politik Venezuela yang memimpin negara-negara di Amerika Selatan termasuk Bolivia menuju kemerdekaan dari kekaisaran Spanyol dan untuk menghargai jasanya wilayah ini kemudian diberi nama sesuai dengan namanya.

Negara ini merubah nama resminya dari Republik Bolivia menjadi negara Pluri nasional Bolivia pada tahun 2009.

Wilayah Bolivia dikenal sebagai Peru hulu selama pemerintahan Spanyol.

Mata uang resmi di negara Bolivia adalah boliviano.

Sebagai hasil dari multikulturalisme nya Bolivia mempunyai 36 bahasa resmi selain bahasa Spanyol 36 bahasa lainnya adalah bahasa imara dan bahasa yang berasal dari daerah-daerah yang ada di penjuru.

Negara Bolivia mewajibkan dan menggratiskan biaya sekolah untuk anak-anak berusia antara lima sampai 18 tahun.

Bolivia terkurung di daratan di Amerika Selatan, hal tersebut menjadikan negara Bolivia tidak mempunyai wilayah perairan laut. Meskipun demikian memiliki Angkatan Laut. Bolivia juga masih menginginkan wilayah pesisir yang diambil chile.

Kegiatan utama ekonomi negara ini adalah pertanian kehutanan perikanan pertambangan dan manufaktur barang-barang seperti tekstil logam olahan dan minyak olahan. Bolivia sangat kaya akan sumberdaya mineral seperti timah perak lithium dan tembaga.

Lenterapedia:  8 Fakta Tentang Benua di Dunia

Sepertiga wilayah dari negara Bolivia terletak di pegunungan Andes hal tersebut menjadikan Bolivia sebagai negara tertinggi dan paling terisolasi di Amerika Selatan.

Bolivia adalah negara berkembang dan merupakan negara termiskin kedua di Amerika Selatan setelah Venezuela.

Bolivia adalah salah satu penghasil daun koka terbesar di dunia daun koka merupakan tanaman yang mempunyai manfaat untuk pengobatan stimulan ringan dan dapat membantu meringankan penyakit ketinggian ekstrak dari daun koka juga dapat digunakan sebagai bahan dasar dari kokain.

Bolivia adalah eksportir kacang Brazil terbesar di dunia sekitar 70% dari kacang Brazil di seluruh dunia bukan berasal dari negara Brazil melainkan dari negara bolivia.

Selain menjadi ibu kota administratif negara Bolivia dengan ketinggian sekitar 3650 meter diatas permukaan laut hal tersebut menjadikan kota La Paz sebagai ibu kota administratif tertinggi di dunia.

Danau Titicaca  adalah danau air tawar terbesar di Amerika Selatan dan merupakan danau tertinggi di dunia Danau ini berada di ketinggian 3810 meter diatas permukaan laut dan mempunyai luas permukaan sekitar 8300 km2 Danau ini dibagi antara Bolivia dan negara Peru.

Di Bolivia juga terdapat dataran garam terbesar di dunia yaitu  salar de uyuni, yang mempunyai luas sekitar 10.582 kilometer persegi dan berada di ketinggian 3.656 meter diatas permukaan laut. Dataran garam ini mempunyai 50 hingga 70% dari cadangan lithium dunia dan merupakan tempat wisata yang paling terkenal dari Negara Bolivia.

Lenterapedia:  6 Fakta Seputar Planet Mars

Hotel luna salad adalah hotel di Bolivia yang dibangun seluruhnya dari blog garam termasuk dengan interior dan perabotannya.

Taman nasional madidi adalah salah satu kawasan hutan lindung terbesar di dunia Taman Nasional ini mempunyai luas sekitar 18.958  km2 Taman Nasional ini diperkirakan mempunyai lebih dari 11.000 keanekaragaman spesies dan baru sekitar 8500 spsies yang sudah berhasil dokumentasikan.

40% dari semua kehidupan hewan dan tumbuhan yang ada di planet ini dapat ditemukan di negara Bolivia

Camino de las yungas atau Jalan kematian berada 50 km dari kota la paz jalanan ini adalah jalan paling berbahaya di dunia jalanan sepanjang 56 KM ini berada di tepi tebing yang curam dan bertanggungjawab atas sekitar 200 hingga 300 kematian setiap tahunnya.

Hanya sekitar sebelas persen dari semua jalan di negara Bolivia yang sudah diaspal.

Penjara San Pedro Notorious adalah salah satu objek wisata tidak resmi di Bolivia tidak seperti penjara pada umumnya penjara San Pedro adalah terbuka tanpa penjaga di dalamnya para tahanan tersebut tinggal di penjara dan bekerja Selain itu mereka bahkan membayar sewa dan membuat keluarga mereka tinggal bersama mereka para istri dan anak-anak diizinkan keluar pada siang hari untuk bekerja atau ke sekolah dan kemudian kembali pada malam hari.

Lenterapedia:  Sejarah Negara Bosnia Dan Herzegovina

Bolivia salah satu negara amerika selatan yang jarang masuk ke piala dunia (terakhir 1994) dan sepakbola disana tidak terlalu jago.

Mayoritas suku Indian disana adalah Quechua, disusul oleh Aymara. Evo morales (mantan presiden) adalah suku Aymara

Mantan presiden Bolivia, Evo Morales, adalah petani coca. Evo morales sempat memberi salib kepada Paus Fransiskus berlambang palu arit. Evo adalah presiden yang tradisionalis.

Hewan nasional bolivia adalah llama, sejenis unta yang berbulu tebal.

Salar de uyuni adalah tempat syuting film star wars 8. Tempat itu adalah tempat pengambilan gambar untuk planet crait, tempat luke skywalker menghadapi kylo ren untuk terakhir kalinya.

FIFA dan CONMEBOL sempat melarang bermain di La Paz dengan alasan ketinggian kota itu. Timnas brasil yang bertandang kesana sempat memakai tabung oksigen. Sekarang diperbolehkan.

Itulah sedikit ringkasan tentang fakta tentang negara Bolivia. Meskipun pernah menghadapi berbagai masalah politik di negaranya, namun Bolivia tetap menghargai perbedaan yang ada dalam masyarakatnya.

 

Fakta Unik Tentang Negara Bolivia

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *