Beberapa Fakta Nyamuk yang Perlu Diketahui

Nyamuk merupakan makhluk kecil yang sepertinya tampak tidak bersalah. Mereka dikenal sebagai perusak malam saat musim panas yang indah. Siapa yang bisa membayangkan perbedaan antara ukuran mereka yang kecil dan dampak besar yang mereka miliki terhadap dunia kita. Mengapa Tuhan Menciptakan Nyamuk? Makhluk kecil pemakan darah ini tentu sangat berarti bagi keseimbangan ekologis. Banyak sekali nyamuk di musim panas, tapi di mana mereka selama musim dingin?

Fakta Tentang Nyamuk

Fakta Tentang Nyamuk

Mari kenali makhluk kecil ini terlebih dahulu. Tubuh nyamuk terdiri dari kepala, dada dan perut. Mereka memiliki antena di kedua sisi kepala mereka; dengan itu pula mereka memutuskan darah siapa yang ingin mereka hisap. Di bagian dada mereka ada sepasang sayap dan 3 pasang kaki. Perut mereka dirancang untuk menyimpan sebagian besar darah, yang mereka hisap dengan bagian yang berbentuk jarum pada bagian mulutnya. Namun hanya nyamuk betina penghisap darah.

Nyamuk yang dapat terbang dengan kecepatan hingga 2 km/jam juga membantu mengangkut serbuk sari dari bunga, seperti halnya lebah! Selain itu mereka adalah salah satu hewan paling berbahaya di dunia. Satu gigitan dari nyamuk dapat menyebabkan Virus West Nile, demam berdarah dan malaria menyebar. Nyamuk adalah penyebab paling umum dari penyakit ini selama bulan-bulan di musim panas.

Lenterapedia:  Fakta Hewan Yang Paling Ditakuti Ular

Tetapi berhati-hatilah! Fakta: Hewan ini kecil tapi berbahaya, hewan yang kita bicarakan ini memiliki kemampuan untuk bertelur 200-300 telur sekaligus.

Jadi kapan nyamuk betina yang harus menghisap darah dapat bertelur dan mulai menggoda nyamuk jantan? Ini bisa menjadi aturan yang konsisten untuk setiap makhluk hidup di dunia! Dan seperti yang dikenali manusia satu sama lain dari suara mereka, nyamuk jantan mengenali nyamuk betina dari suara sayap mereka yang mengepak.

Di situlah dibutuhkan sedikit waktu lebih lama. Ini karena nyamuk jantan yang baru berkembang pertama kali di masa dewasa, mencegah panggilan dari nyamuk betina saat musim kawin dimulai.  Saat nyamuk jantan telah mencapai usia dewasa sekarang, terima kasihlah kepada Johnston, (organ indera mereka), sehingga bisa mendengar panggilan nyamuk betina dan mulai mengikuti  mereka.

Lenterapedia:  Kalkun Bisa Terbang Meskipun Tak Jauh

Hubungan keduanya bisa terjadi di udara saat terbang, dan nyamuk jantan pasti memimpin, sayangnya nyamuk jantan yang akan mati lebih dulu. Setelah hari yang menyedihkan ini nyamuk betina menyimpan sperma pasangannya selama berminggu-minggu.

Agar telurnya dapat berkembang, ia harus menyedot darah secara berkala. Sementara itu, ia mencoba menjauhi ikan, kadal, burung, kelelawar dan katak yang mencoba menangkapnya. Tapi mungkinkah itu ?! Hewan-hewan ini juga ada di cuaca panas dan lembab.

Nyamuk mengepakkan sayapnya 500 kali per detik dan terbang sejauh 250 km selama mereka hidup. Kita semua dapat membayangkan bahwa mereka melakukan perjalanan di musim panas. Makhluk kecil ini, mengingatkan kita tentang mereka yang setiap hari di musim panas pada berbagai kesempatan, lebih menyukai tinggal di lahan basah, kanal, tanah basah dan kolam. Mereka membutuhkan banyak air untuk bertahan hidup.

Lenterapedia:  Perkutut Putih : Karakteristik, Keistimewaan, dan Mitos

Fakta tentang Nyamuk adalah paling menyukai suhu kisaran 25-30 derajat Celsius. Dari 15 derajat Celcius, metabolisme mereka melambat. karenanya Nyamuk, menjadi sangat sensitif terhadap cuaca panas, secara bertahap menghilang bersama cuaca yang mulai mendingin. Sementara mereka membuat kita percaya bahwa generasinya akan segera berakhir, padahal mereka hidup sebagai larva dan telur.

Mengapa kita tidak melihat telur, meskipun kecil?

Karena hewan cerdas ini menyembunyikan telurnya di tempat yang cocok bahkan dibawah tanah. Sudut hangat di rumah juga sempurna untuk telur dan larva. Fakta Nyamuk terkadang muncul di musim dingin juga, makhluk itu berpikir musim panas datang melalui panasnya rumah dan perlahan mendekati akhir hidup mereka.

Ketika cuaca menjadi lebih hangat, larva dan telur, yang disembunyikan di tempat-tempat hangat dan panas sepanjang musim dingin, mulai bergerak. Dan ingat, makhluk kecil yang kita lihat sekarang adalah bayi nyamuk kecil yang mengisap darah kita tahun lalu!

 

Beberapa Fakta Nyamuk yang Perlu Diketahui

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *