Alasan Mobil MPV Diminati di Indonesia

Saat ini mobil sudah menjadi kebutuhan yang sepertinya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Tingginya kebutuhan akan alat transportasi yang terus meningkat membuat industri mobil berkembang cukup pesat, sehingga perusahaan-perusahaan dalam industri mobil bersaing untuk menjadi yang terbaik untuk menguasai pangsa pasar.

Alasan Mobil MPV Diminati

Pasar Mobil di Indonesia

Segmentasi untuk pangsa pasar mobil di Indonesia didominasi oleh Multi Purpose Vehicle atau yang biasa disebut MPV atau mobil multiguna. Hal ini terlihat pada pengguna mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) sangat sering dijumpai di jalanan.

Sehingga tidak mengherankan jika persaingan dalam otomotif terutama mobil jenis MPV berlangsung dengan sangat ketat dan harga yang ditawarkan pun menjadi kompetitif. Keuntungan menggunakan mobil jenis MPV adalah memiliki kapasitas muat yang banyak dan lebih ekonomis.

Dari beberapa sumber data bahwa pangsa pasar mobil tertinggi di Indonesia adalah mobil model MPV (Multi Purpose Vehicle) hingga hampir 65% untuk pangsa pasar otomotif nasional. Diperingkat kedua adalah mobil model SUV (Sport Utility Vehicle). Selanjutnya mobil non-sedan (hatchback) atau disebut juga City Car. Sedangkan sedan dan kendaraan kategori PU (Pick Up) di posisi pangsa pasar paling bawah. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa pengguna MPV lebih banyak diminati di Indonesia dibandingkan dengan model mobil yang lainnya.

Alasan Mobil MPV Diminati

Mobil jenis MPV menjadi favorit karena tidak hanya mampu mengangkut penumpang dalam jumlah yang besar tetapi juga barang. Hal ini amat sesuai dengan kultur orang Indonesia yang rata-rata memiliki keluarga dalam jumlah besar serta masih sangat kental dengan rasa kekeluargaannya.

Lenterapedia:  Memilih Kaos (T-shirt) Yang Nyaman

Selain itu orang Indonesia juga masih senang mengangkut tetangga sehingga mereka lebih menyukai mobil yang memiliki kapasitas besar. Mereka lebih menggemari berpergian dengan orang banyak, dengan keluarga, saudara maupun teman. Dengan sifat family minded seperti ini, masyarakat Indonesia sangat memperhatikan kapasitas kendaraan yang mampu memuat seluruh anggota keluarga dalam satu mobil.

Selain itu kondisi ekonomi makro Indonesia yang sampai saat ini belum stabil, membuat masyarakat yang ingin membeli sebuah kendaraan memfokuskan pada kegunaan atau fungsi kendaraan dan harga yang terjangkau, maka kendaraan yang irit dan mampu menampung seluruh anggota keluarga menjadi pilihan masyarakat.

Mobil MPV Toyota

Mobil jenis MPV yang terbilang sukses di pasar Otomotif di Indonesia produksi dari buatan dari Toyota yaitu Toyota Kijang Innova dan Toyota Avanza untuk low MPV.  Mobil Toyota Kijang Innova dan Toyota Avanza dapat ditemukan dengan mudah di seluruh pelosok Indonesia. Mobil Toyota Kijang Innova dan Toyota Avanza tersedia di Seva Pusat Mobil Murah baik baru maupun bekas.

Kesuksesan mobil jenis MPV dari Toyota sangat laris di pasaran dapat disebabkan beberapa faktor, antara lain:

Lenterapedia:  Pinot Noir Pilihan Para Wine Lover

1. Popularitas brand Toyota di pasaran Indonesia. Kuatnya brand tersebut tentu tidak bisa lepas dari keberhasilan Toyota Kijang Innova yang hadir di Indonesia sejak tahun 2005 dan saat itu merupakan salah satu konsep mobil keluarga jenis MPV modern, dengan bentuk bodi yang lebih aerodinamis beserta kenyamanan setara dengan sedan mewah. Kemudian diikuti oleh Toyota Avanza yang menjadi salah satu pioner untuk jenis mobil Low MPV di tanah air.

2. Kapasitas penumpang: Alasan yang kedua adalah karena mobil MPV memiliki kapasitas penumpang yang cukup banyak (±7 penumpang) daripada mobil sedan ataupun mobil hatchback.

3. Harga terjangkau terlebih ada low MPV Toyota Avanza dengan rentang harga sekitar Rp 160 hingga Rp 200 Jutaan dibandingkan perusahaan lain dengan kelas mobil yang sama.

4. Kualitas mesin yang dimiliki oleh MPV Toyota  terbukti cukup handal di kelasnya. Itu sebabnya, mengapa dari dulu hingga sekarang Toyota masih saja memiliki banyak peminat. Bahkan beberapa kali sempat menjadi mobil terlaris dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia.

5. Spare part (suku cadang) mudah didapat karena hampir semua bengkel resmi ataupun non-resmi yang tersebar di seluruh Indonesia selalu menyediakan spare part mobil ini. Meskipun harganya tidak bisa dibilang murah, tapi spare part atau suku cadang Toyota dikenal memiliki kualitas yang cukup baik. Selain itu, dengan banyaknya bengkel resmi yang tersebar tersebut (tidak hanya di kota-kota besar melainkan hingga di daerah-daerah), akses perbaikan atau service menjadi lebih mudah. Ini merupakan salah satu pertimbangan ketika seseorang hendak membeli sebuah mobil.

Lenterapedia:  Awas! Dampak Main Game Untuk Anak

6. Minat masyarakat yang begitu besar serta brand Toyota yang sudah sangat populer membuat kedua fakta tersebut tentunya berimbas pada kestabilan harga jual kembali MPV Toyota di pasaran. Hal ini umumnya juga selalu menjadi salah satu pertimbangan penting ketika seseorang berniat membeli sebuah mobil baru. Sebab tidak menutup kemungkinan mereka akan menjualnya kembali suatu saat, entah karena butuh uang ataupun karena bosan dan ingin ganti dengan yang baru.

Minat, daya beli dan selera konsumen dalam memilih berbagai kebutuhannya selalu berubah ubah. Kebutuhan konsumen yang mencakup pada kendaraan yang memiliki performa dan kualitas tinggi, muat banyak serta dengan harga yang terjangkau masih menjadi pilihan utama.

Dan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dipilih sebagai mobil yang serba guna seperti dapat digunakan untuk jumlah penumpang yang lebih banyak, dapat digunakan untuk mengangkut barang barang dan sebagainya, serta irit dan murah.

 

Alasan Mobil MPV Diminati di Indonesia

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *