8 Fakta Tentang Benua di Dunia

Pada awal bumi merupakan sebuah benua yaitu satu daratan yang luas dan belum terbagi karena belum terjadi pergeseran pada kerak bumi. Daratan yang luas tersebut disebut Pangea atau Superbenua yaitu benua pertama di dunia. Pada masa mesozoikum, benua terbagi menjadi dua bagian besar yaitu gondwana di belahan Bumi selatan dan laurasia di belahan Bumi utara.

Fakta Tentang Benua di Dunia

Benua pangea adalah benua pertama di dunia atau Superbenua yang ada selama era akhir Paleozoikum dan awal Mesozoikum. Menurut para peneliti, benua pangea terbentuk sekitar 300 juta tahun yang lalu dan mulai retak sekitar 200 juta tahun yang lalu. Namun keretakan atau pergeseran pada kerak bumi menyebabkan benua terbagi-bagi menjadi seperti sekarang. Para ilmuwan meyakini bahwa keretakan dimulai karena kelemahan pada kerak bumi.

Fakta Tentang Benua di Dunia

Pada saat ini terdapat 7 benua yang membagi wilayah di dunia, diantaranya adalah Afrika, Asia, Antartika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Oseania atau Australia. 7 benua ini bervariasi dalam ukuran dan jumlah populasi. Dan berikut ini adalah 8 fakta tentang benua di dunia yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Benua Terbesar

Asia adalah benua terbesar didunia. Benua Ini memiliki wilayah daratan terbesar dan populasi terbanyak di dunia. Hal tsb membuat kebanyakan populasi penduduk dunia hidup di benua Asia. Luas wilayah benua asia adalah sekitar 44,58 juta km² dan Ada lebih dari 4,4 milyar orang yang hidup di benua asia. Benua asia juga memiliki kota-kota terpadat, sehingga ada kota-kota besar di dunia terutama di benua asia dengan jutaan orang yang tinggal di pusat-pusat kota tersebut, seperti di kota Delhi, Tokyo, jakarta, Shanghai dan kota Beijing.

Negara kecil Qatar di semenanjung Arab adalah salah satu negara terkaya di dunia karena pendapatannya dari eksplorasi minyak dan industri perminyakan. Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Bahrain juga di antara negara-negara terkaya di dunia karena cadangan minyak mereka.

Lenterapedia:  Fakta Tentang Suku Uighur di China

2. Benua Terkecil

Oseania adalah benua terkecil di dunia. Benua oseania terdiri dari sejumlah kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik dan sekitarnya. Benua ini merupakan benua dengan luas area daratan terkecil didunia, dengan jumlah populasi terkecil kedua setelah benua Antartika.

Luas wilayah dari benua oseania adalah sekitar 8,625 juta km² Oseania termasuk Australasia, Polinesia, Mikronesia, dan Melanesia. Australasia merupakan sub wilayah yang meliputi australia, selandia baru dan beberapa pulau tetangga Hal tsb membuat Australia , Selandia Baru, dan banyak pulau di utara dan timur Australia di Samudra Pasifik ada di benua oseania.

3. Benua Eropa Merupakan Semenanjung

Secara geologis dan geografis benua eropa adalah sebuah semenanjung atau anak benua. Pemisahannya sebagai benua lebih dikarenakan oleh perbedaan budaya. Batas utara benua eropa adalah Samudera Arktik, di sebelah barat adalah Samudera Atlantik, dan di sebelah selatan dibatasi oleh Laut Tengah.

Benua eropa mempunyai luas wilayah sekitar 10,18 juta km², dengan populasi penduduk mencapai 741,4 juta jiwa. Selain itu benua eropa terdapat dua negara terkecil di dunia, vatikan yg terletak di dalam Roma / Italia dan Monaco yang terdapat didalam negara prancis dan berbatasan dengan 3 sisi dari Prancis. Sebenarnya ada 3 negara Eropa yang masuk dalam daftar sepuluh negara terkecil di dunia selain monako dan vatikan, yaitu negara San Marino, Liechtenstein dan negara Malta.

4. Benua Ekonomi Terbesar

Benua eropa mempunyai ekonomi terbesar di dunia saat ini, dan merupakan wilayah terkaya yang diukur dengan aset yang dikelola berjumlah lebih dari 32,7 $ triliun pada tahun 2008. Pada tahun 2009 Eropa tetap menjadi wilayah terkaya didunia. Aset yang dikelola senilai $ 37,1 triliun mewakili sepertiga dari kekayaan dunia.

Seperti halnya benua lain, Eropa memiliki variasi kekayaan diantara negaranya. Negara-negara kaya cenderung di wilayah Barat sedangkan beberapa ekonomi eropa tengah dan timur masih tertinggal karena runtuhnya uni soviet dan pecahnya yugoslavia.

Lenterapedia:  Fakta Hewan Yang Paling Ditakuti Ular

Hal tsb menjadikan adanya perbedaan antara banyak negara Eropa dalam hal pendapatan mereka. Yang terkaya dalam hal PDB per kapita adalah negara Luxembourg dengan US$ 111.062 per kapita pada tahun 2019 dan yang termiskin adalah negara Moldova dengan PDB per kapita US $ 3.716 pada th 2019 , dan Sekitar ¼ penduduk Moldova masih hidup dengan pendapatan kurang dari $2 per hari.

5. Benua Penutur Bahasa Terbanyak

Bahasa yang paling banyak dituturkan di dunia ada di benua Asia, yaitu ada lebih dari 2300 bahasa. Namun, sebagian besar dari bahasa ini hanya digunakan oleh sekelompok kecil orang atau suku. Dan 2.000 bahasa dari 7.000 bahasa di dunia dituturkan oleh kurang dari 1.000 orang.

Bahasa Cina adalah bahasa dengan penutur paling asli, dengan hampir 1,4 miliar orang berbicara dengan menggunakan bahasa china. Bahasa Inggris dituturkan oleh orang-orang di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Dan Amerika Utara memiliki jumlah terbesar orang yang berbicara bahasa Inggris baik sebagai bahasa pertama mereka atau sebagai bahasa kedua mereka dengan lancar. Ada sekitar 132juta orang yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pertama.

6. Benua dengan Pegunungan Terpanjang

Amerika selatan berada diantara samudra pasifik dan atlantik yang dihubungkan oleh tanah genting panama menuju ke benua amerika utara. Amerika selatan sebagian besar berada di belahan bumi selatan. Di Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur benua amerika selatan merupakan dataran rendah yang sebagian besar merupakan cekungan dari sungai Amazon yang dikelilingi oleh hutan tropis yang lebat.

Luas wilayah dari benua amerika selatan adalah sekitar 17,84 juta km², dengan populasi penduduk mencapai 422,5 juta jiwa. Selain itu Amerika Selatan adalah benua dengan pegunungan terpanjang yaitu pegunungan Andes, air terjun tertinggi dengan Angel Falls dan tempat paling kering di dunia yaitu Gurun Atacama di Chili.

Lenterapedia:  Ikan Butuh Tidur Sama Seperti Makhluk Hidup Lainnya

7. Benua dengan Semua Zona Iklim

Asia adalah benua terbesar di bumi yang berbatasan dengan Pegunungan Ural dan Kaukasus serta Samudra Arktika, Pasifik, dan Samudra Hindia. Benua asia dibagi menjadi beberapa wilayah, yaitu asia tengah, asia timur, asia tenggara, asia selatan dan asia barat.

Benua Asia memiliki beberapa jenis iklim yang berbeda berdasarkan wilayahnya. Bahkan semua zona iklim yang ada di dunia dimiliki oleh benua Asia. diantaranya adalah iklim tropis, subtropis, iklim sedang, iklim dingin, iklim darat, iklim mediteran, iklim kutub dan iklim pegunungan. Selain itu benua Asia juga mempunyai beberapa negara terkaya di dunia.

8. Benua Terluas Tertutup Es 

Benua antartika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi, hampir seluruhnya wilayah antartika dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Samudra Atlantik dan Samudra Hindia. Antartika mempunyai luas wilayah sekitar 14 juta km².

Sebagai perbandingan, ukuran benua Antartika hampir dua kali ukuran benua Australia dan Sekitar 98% dari Antartika ditutupi oleh es yang rata-rata ketebalan minimal 1,9 km, hal tsb menjadikan antartika sebagai benua terkecil berdasarkan jumlah populasi manusianya, ini berarti benua besar dengan penduduk yang jarang. Diperkirakan terdapat sekitar 1.000 orang yang tinggal di Antartika dalam satu waktu namun bergantung juga terhadap musim. Orang yang tinggal di Antartika biasanya menggunakan zona waktu negara asalnya.

Walaupun tidak ada pemukim tetap, 29 negara yang menandatangani Traktat Antartika memiliki stasiun riset yang umumnya selalu digunakan sepanjang tahun. Wilayah benua Antartika hampir seluruhnya tertutupi oleh es. 90% es di planet ini terletak di benua antartika, yang juga merupakan 60% – 70% dari pasokan air tawar dunia.

Itulah tadi sedikit fakta tentang benua di dunia, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

 

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *