Sekilas Sistem Golongan Darah A, B, O

Golongan darah A, B, AB, O, kamu pasti familiar dengan sistem golongan darah ini. Sistem golongan darah tersebut dikembangkan oleh Karl Landsteiner, seorang ahli biologi dan fisika dari Austria. Namun, tahukah kamu bagaimana membedakan keempat jenis golongan darah tersebut? Mengapa antar golongan darah belum tentu bisa saling donor?

Golongan Darah Manusia

Golongan Darah Manusia

Dalam sel darah merah kita, terdapat beberapa jenis antigen di permukaan sel darah merah. Salah satunya adalah antigen A dan B. Darah kita bisa mengandung antigen A, antigen B, keduanya, atau tidak mengandung keduanya sama sekali. Antigen inilah yang menjadi penentu utama jenis golongan darah seseorang.

Selain itu, di dalam darah kita juga terkandung aglutinin. Aglutinin ini bertindak sebagai antibodi terhadap antigen A dan B. Adanya aglutinin a akan menolak keberadaan antigen A dalam darah. Demikian pula aglutinin B akan menolak keberadaan antigen B dalam darah.

Lenterapedia:  Penjelasan Tentang Mekanisme Evolusi Makhluk Hidup

Penolakan ini ditandai dengan penggumpalan aglutinin saat bertemu dengan antigen yang ditolaknya. Inilah yang menyebabkan donor darah tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus diperhatikan apakah aglutinin yang dimiliki oleh golongan darah penerima tidak menolak antigen yang dimiliki oleh golongan darah pendonor.

Nah, berikut ini adalah karakteristik komposisi antigen darah sesuai dengan golongannya

  • Orang dengan golongan darah A hanya memiliki antigen A dan aglutinin b.
  • Orang dengan golongan darah B hanya memiliki antigen B dan aglutinin a.
  • Orang dengan golongan darah AB memiliki antigen A dan B, tetapi tidak memiliki aglutinin a dan b.
  • Orang dengan golongan darah O tidak memiliki antigen A dan B, tetapi tidak memiliki aglutinin a dan b.
Lenterapedia:  Kandungan Kimia Pada Kopi Arabika dan Robusta

Golongan Darah Menentukan Karier 

Dalam laman Lenterakecil.com ditulis golongan darah menentukan karier seseorang, karena  golongan darah mempunyai peranan besar dalam membentuk karakter seseorang. Bahkan untuk urusan jodoh, golongan darah mempunyai pengaruh juga.

Hal ini disampaikan oleh Rektor Universitas Ma Chung  (UMC) Malang, Leenawaty Limantara, MSc. PhD dalam seminar Edubition UMC 2012. “pH Darah Menentukan Kesehatan Kita” Sabtu 18 Peb 2012 di UMC Malang.

 

Golongan darah memberikan karakter dasar yang unik pada diri seseorang dan dari karakter itu bisa menentukan karier yang cocok pada seseorang.

  • Seseorang yang mempunyai golongan darah A mempunyai karakter yang bersifat perfeksionis. Misalkan cocok menjadi sekretaris, administrasi atau akuntan yang membutuhkan ketelitian, detail kecil dan keteraturan.
  • orang dengan golongan darah B mempunyai sifat individualis, cocok menjadi ilmuwan, seniman atau petualang yang sesuai karakternya  yaitu individualis, pemikir dan mencintai kebebasan.
  • golongan darah O berbakat memimpin, cocok di posisi pimpinan pada umumnya, tentara, karena karakternya yang ambisius, terbuka dan kuat.
  • pemilik golongan darah AB berkarakter rasional. Golongan darah AB sangat unik karena mempunyai gabungan golongan darah A dan B, seperti mempunyai dua kepribadian, cocok menjadi penulis atau teknisi karena mempunyai juga karakter kritis, kreatif, sensitif dan bisa mengerjakan banyak hal, tetapi cenderung pemilik golongan darah ini lebih tertutup daripada pemilik golongan darah lain.

Sumber: Golongan Darah Menentukan Karier

Lenterapedia:  Bukti Adanya Kehidupan di Planet Mars Dari Keberadaan Sungai Kuno

 

Sekilas Sistem Golongan Darah A, B, O

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *