Layanan Konsultasi Kesehatan Online

Jasa layanan online di era digital ini kian menjamur. Seiring perkembangan teknologi sudah semakin canggih, layanan online bisa menjawab kebutuhan kaum urban yang ingin serba praktis dan cepat serta memenuhi kebutuhan mereka tanpa repot harus keluar rumah. Tak hanya gerai-gerai toko online, jasa konsultasi kesehatan online pun bermunculan.

Konsultasi Dokter Online

Konsultasi Kesehatan Online

Di zaman modern seperti saat ini dimana masyarakat yang sepertinya tidak bisa lepas dari gadget dan dunia digital, maka banyak penyedia jasa kesehatan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk bidang kesehatan.

Sekarang, sudah banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengontrol kesehatan secara online dari balik layar smartphone sebagai solusi kebutuhan manusia yang kesibukannya makin padat dan mobilitasnya makin tinggi, kini.

Saat ini ekosistem kesehatan digital sudah menjadi kebutuhan, bukan lagi hanya sekedar tren. Masyarakat sudah terbiasa mencari informasi kesehatan di internet, tapi terkadang sumbernya sering tidak valid. Untuk itu, sebaiknya masyarakat lebih baik mencari sumber yang dapat dipercaya terutama dengan dokter-dokter yang kompeten.

Di jagat maya ada sejumlah aplikasi yang dapat diinstal di smartphone Android maupun iPhone yang menawarkan informasi dan jasa layanan konsultasi kesehatan secara online, seperti Halodoc Konsultasi Dokter dan lain sebagainya.

Aplikasi konsultasi dokter online ini bisa dimanfaatkan untuk berkonsultasi tentang keluhan kesehatan, setidaknya dalam kasus penanganan cepat yang tidak memerlukan tindakan medis.

Beberapa fitur live chat atau konsultasi langsung dengan dokter tidak memungut bayaran, namun ada juga yang berbayar. Kendati ada yang gratis, tetapi para konsultan kesehatan online tersebut juga membagikan info-info seputar kesehatan dengan penuh konsistensi.

Hampir semua pengelolanya adalah dokter-dokter muda, karena perkembangan internet jaman sekarang lebih diikuti oleh dokter muda dibandingkan dokter senior.

Ada dokter umum. Banyak pula dokter spesialis dari berbagai konsentrasi keilmuan. Ada dokter spesialis anak, spesialis kandungan, spesialis penyakit dalam, spesialis bedah mulut, spesialis gizi klinik, hingga spesialis kejiwaan. Bahkan di Halodoc Konsultasi Dokter terdapat kurang lebih 20.000 dokter yang bisa dipilih.

Umumnya dokter-dokter tersebut akan menyediakan waktu khusus untuk menjawab pertanyaan konsultasi. Seringkali jawaban yang diberikan hanyalah garis besarnya saja.

Kendala Konsultasi Dokter Online

Konsultasi kesehatan secara online memang masih terkendala sejumlah kode etik. Di mana dokter tidak boleh melakukan diagnosis tanpa melihat langsung kondisi pasien.

Demikian pula soal obat. Dokter tidak bisa meresepkan obat tanpa memeriksa penyakitnya terlebih dulu. Untuk mendapatkan diagnosis pasti, pasien tetap harus bertatap muka langsung dengan dokter. Demikian juga halnya dengan peresepan obat, kecuali obat bebas.

 

Layanan Konsultasi Kesehatan Online

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code