Alasan Kucing dan Anjing Tidak Akur

Pernahkah Anda bertanya-tanya dari mana asal kalimat “Berkelahi seperti kucing dan anjing.”, yang digunakan di hampir setiap bahasa? Faktanya, banyak anjing tidak dapat tetap tenang begitu mereka melihat kucing dan  mulai mengejarnya. Tapi mengapa anjing mengejar kucing? Atau mengapa kucing langsung ke posisi bertahan ketika melihat seekor anjing?

Kucing dan Anjing Tidak Bisa Akur

Fakta Alasan Kucing dan Anjing Tidak Akur

Kita tahu bahwa kucing dan anjing diadopsi sebagai hewan peliharaan dan bisa menjadi teman yang sangat baik bagi manusia. Namun kucing dan anjing umumnya tidak rukun, meskipun ada juga mereka yang akur (biasanya dilatih sejak kecil). Mengapa mereka tidak akur?

Faktanya, tidak hanya ada satu jawaban untuk pertanyaan ini. Mari kita lihat bagaimana para ahli menjelaskan situasi ini.

Nenek Moyang

Nenek moyang anjing rumahan adalah serigala, Nenek moyang dari teman-teman kecil kita yang cantik, setia, dan tinggal bersama kita di rumah kita hari ini, adalah serigala. Seperti yang Anda tahu, serigala adalah hewan pemburu yang hidup dalam kelompok. Meskipun anjing domestik adalah binatang yang berbeda dari serigala, ia tidak bisa menghilangkan naluri berburu nenek moyangnya dan alasan paling penting untuk berburu kucing adalah naluri.

Lenterapedia:  Hewan Paling Beracun di Dunia

Naluri ini hal yang menyebabkan anjing menganggap makhluk kecil sebagai mangsa, sehingga mereka tidak bisa berhenti berburu kucing bahkan jika mereka tidak memakannya. Beberapa ras anjing bahkan lebih suka berburu kucing lebih banyak daripada hewan lain.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, tempat pertama diambil oleh Wolfhound. Dachshund, juga dikenal sebagai Dachsjäger, dan beberapa anjing kecil jenis Terrier yang digunakan untuk berburu binatang seukuran kucing seperti rubah atau rakun juga ingin sekali berburu kucing.

Perbedaan bahasa tubuh

Kucing menggoyang-goyangkan ekornya ketika mereka marah, tidak seperti anjing, yang menggoyang-goyangkan ekor mereka ketika mereka bahagia. Jadi itu berarti, bahwa mereka saling mengirim sinyal yang salah. Salah satu teori yang tidak bisa diterima kucing dan anjing adalah miskomunikasi..

Bau yang dipancarkan kucing

Teori lain adalah bahwa bau dari beberapa kucing mengganggu anjing dan mendorong mereka untuk memburu kucing. Sebenarnya, ini sejalan dengan naluri pemangsa anjing, seperti yang baru saja kita katakan. Selanjutnya  kita menuju ke salah satu faktor terpenting.

Lenterapedia:  Perkutut Putih : Karakteristik, Keistimewaan, dan Mitos

Dampak manusia

Anjing dan kucing liar hidup di banyak negara tanpa berkelahi. Tetapi situasi untuk hewan peliharaan berubah. Orang yang memberi makan anjing dan kucing perlu mengetahui suasana hati dan karakter teman-teman kecil mereka yang lucu itu.

Ada orang yang sangat “menarik”. Sebagai contoh, orang-orang yang membawa anjing mereka dan mendorong mereka untuk menangkap kucing segera setelah mereka melihatnya. Jenis-jenis orang ini pada dasarnya mendidik anjing mereka untuk berburu kucing. Ya, mungkin mereka tidak menyadarinya, tetapi itulah yang mereka lakukan.

Sayangnya, beberapa orang melatih anjing untuk menangkap kucing. Orang-orang ini, terutama mereka yang melatih ras seperti Pitbull dan Dogo Argentino untuk berburu, menangkap dan membunuh kucing, melakukan kejahatan tidak hanya pada kucing tetapi juga pada anjing mereka. Beberapa ras anjing ini dianggap sebagai monster, meskipun mereka bisa sangat mencintai.

Lenterapedia:  Mitos dan Fakta Mengenai Budaya Perusahaan

Cara Agar Kucing dan Anjing Bisa Akur

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa kucing dan anjing tidak rukun di atas, dan jika Anda memiliki anjing atau kucing sebagai hewan peliharaan di rumah, tanggung jawabmu sangat besar. Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah anjingmu memburu kucing?

Langkah pertama dan paling efektif yang dapat Anda lakukan adalah menjaga tali kekang pada anjingmu setiap saat. Para ahli juga mengatakan bahwa perintah dasar seperti “Stop“, “Sit” dan “Come here” secara efektif menghentikan anjing selama berburu. Jika, terlepas dari tindakan pencegahan ini, Anda tidak dapat menghentikan anjingmu dari berburu kucing, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan spesialis.

Ingat dengan baik bahwa fakta tentang kucing dan anjing yang diadopsi sebagai hewan peliharaan bisa menjadi teman yang sangat baik. Karena kasih sayang sudah ada pada diri mereka. Yah, terserah untuk membiarkan mereka seperti itu.

 

Fakta – Alasan Kucing dan Anjing Tidak Akur

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *