Sejarah Permainan Sepak Bola

Tahukah kamu? Olahraga apa yang paling populer di muka bumi ini? Ya! Jawabannya adalah sepak bola. Sepak bola bukan hanya permainan olahraga biasa, tetapi Sepakbola sudah menjadi budaya di masyarakat kita. Sepak bola dapat dinikmati dan dimainkan oleh semua kalangan masyarakat dari usia muda sampai tua. Tetapi Tahu nggak sih asal usul dan sejarah dari terciptanya permainan sepak bola yang belum banyak diketahui orang?

sejarah sepak bola

Fakta Sejarah Permainan Sepak Bola

Berikut beberapa fakta tentang permainan sepak bola yang terus berkembang hingga saat ini dan menjadi olahraga yang paling populer di Dunia.

Sejarah sepak bola dimulai pada abad ke 2 dan 3 sebelum masehi, tepatnya di Tiongkok pada masa Dinasti Han. Pada saat itu Sepakbola dimainkan untuk melatih fisik para tentara sekaligus menjadi hiburan ketika perayaan ulang tahun Kaisar. Bola yang digunakan pada saat itu terbuat dari usus dan kulit binatang.

Lenterapedia:  Protes Petani Untuk Waduk Kedungombo

Sepakbola yang lebih modern pertama kali berkembang di Inggris. Permainan sepakbola yang dimainkan di Inggris menetapkan peraturan-peraturan dasar dalam sepakbola. Namun, pada tahun 1365, Raja Inggris pada saat itu Raja Edward III sempat melarang olahraga sepakbola, karena banyak menimbulkan kekerasan selama pertandingan.

Selama tahun 1800an, permainan Sepakbola dibawa oleh Pelaut, Pedagang Dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1900 permainan sepak bola telah memperoleh tempat di seluruh dunia dan mulai banyak negara yang mendirikan asosiasi sepak bola nasional.

Pertandingan sepak bola internasional secara resmi pertama diadakan pada Juli 1902 di luar Kepulauan Inggris yaitu di Montevideo yang dimainkan antara Uruguay dan Argentina.

Lenterapedia:  Sejarah Lampu Mercusuar

Barulah pada tahun 1904 Asosiasi Sepakbola Dunia Atau FIFA didirikan di Paris, Perancis dengan beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia dan Perancis

Pada tahun 1930 Piala dunia mulai diselenggarakan pertama kalinya di Uruguay, yang diikuti oleh 13 team. 7 tim dari Amerika Selatan, 4 tim dari Benua Eropa dan 2 tim lainnya dari Amerika Utara. Dan sang tuan rumah Uruguay menjadi Juara pada saat itu.

BBC merupakan salah satu stasiun televisi pertama yang berhasil menayangkan permainan sepakbola dunia pada tahun 1938. Lalu, pada tahun 1966 fitur replay mulai digunakan pada setiap gol yang terjadi di siaran TV.

Sejarah sepak bola di Indonesia dimulai dengan terbentuknya PSSI (Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia) yang didirikan pada tanggal 19 April 1930 Di Yogyakarta. Ketua umum pertamanya adalah Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Pada kongres PSSI di Solo 1950 nama Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia diubah menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia.

Lenterapedia:  Sejarah Terbentuknya UNICEF

Indonesia pernah berpartisipasi di ajang Piala Dunia tahun 1938 di Prancis, namun masih menggunakan nama Hindia Belanda karena belum merdeka. Pada saat itu, Hindia Belanda menjadi negara pertama dari Benua Asia di ajang Sepakbola terbesar di Dunia.

Fakta Sejarah Permainan Sepak Bola

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *