Pengertian Istilah Kata Pedia

Sering kali kita membaca atau mendengar istilah-istilah yang berhubungan dengan kata “pedia” seperti ensiklopedia, wikipedia, tokopedia, investopedia, dan sebagainya. Apakah pengertian dari “pedia” itu sendiri?

Selamat Datang di Lenterapedia

Asal usul Istilah Pedia

Secara etimologi, kata pedia berasal dari bahasa Yunani kuno “paideia” yang berarti “pendidikan umum”.

Pengertian paideia sebenarnya adalah sistem pendidikan dan pelatihan budaya di Yunani kuno dan Romawi. Paideia juga digunakan dalam mata pelajaran matematika, geografi, sejarah alam, tata bahasa, retorika dan filsafat. Bahkan juga digunakan untuk istilah pada latihan seperti senam, musik.

Istilah paideia kemudian dikombinasikan dengan kata bahasa Yunani lain yaitu “enkyklios” yang memiliki arti melingkar, berulang, diperlukan secara teratur, umum.

Penggabungan dua kata ini kemudian muncullah istilah enkyklios paideia atau lebih dikenal dengan “ensiklopedia”.

Kombinasi kata ini untuk mengidentifikasi sebuah lingkaran yang luas pada sistem pendidikan atau instruksi lengkap tentang pelaksanaan pembelajaran suatu ilmu pengetahuan.

Pengertian Pedia

Melihat beberapa contoh dari penggunaan kata pedia seperti ensiklopedia, wikipedia, tokopedia, investopedia, dan lain sebagainya, istilah ini mengacu pada akhiran (sufiks/suffix) yaitu imbuhan yang terletak di akhir kata (-pedia).

Akhiran -pedia dalam proses safiksasi (suffixation) atau pembentukan kata tidak pernah mengalami perubahan bentuk, seperti akhiran –wan (misalnya pada kata hartawan, wartawan), -isme (pada kolonialisme, individualisme), -wi (pada duniawi, hewani) dan lain sebagainya.

Sedangkan dalam kamus bahasa Indonesia, arti kata pedia tidak ditemukan. Hal ini menandakan bahwa kata pedia bukan (belum) merupakan kosa kata dalam bahasa Indonesia.

Dalam bahasa Inggris, istilah pedia umumnya juga dianggap sebagai bentuk suffix (-pedia) yang memiliki makna “berkaitan dengan belajar”. Sedangkan bentukan lain yang sama dari -pedia adalah “-paedia”.

Oleh karena itu, penggunaan –pedia tidak dapat berdiri sendiri karena merupakan kata bentukan akhiran (sufiks/ suffix) yang harus digabung dengan kata utama.

Misalnya: ensiklopedia yang berarti sumber ilmu pengetahuan yang lengkap/luas (biasanya berupa rangkaian buku), wikipedia yang berarti sumber pengetahuan yang cepat, (kata wiki berasal dari bahasa Hawaii “wiki-wiki” yang artinya cepat), dan lain sebagainya.

Dengan demikian pengertian kata pedia, secara harfiah diterjemahkan sebagai “instruksi yang lengkap” atau “pengetahuan yang lengkap” tentang suatu hal.

 

Pengertian Istilah Kata Pedia

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *