Pembebasan Macan Tamil Eelam (Macan Tamil)

Macan Tamil merupakan sebutan populer untuk kelompok militan LTTE yang bertujuan untuk mendirikan negara Tamil yang merdeka dan berdaulat di sebelah timur laut Sri Lanka. Pembebasan Macan Tamil Eelam atau Liberation Tigers of Tamil Eelam (LTTE) didirikan pada 5 Mei 1976 dan dipimpin oleh Velupillai Prabhakaran dengan memusatkan operasi utama di Sri Lanka.

Pembebasan Macan Tamil Eelam

Kelompok pemberontak itu mendapatkan banyak dukungan internal dari para pekerja pertanian Tamil dan para pemuda Tamil yang terkucilkan. Operasi Macan Tamil telah menargetkan tujuan kepada militer dan politik Sri Lanka sejak awal 1970-an. Amerika Serikat, Uni Eropa, Kanada, dan India menganggap Macan Tamil sebagai organisasi teroris.

Di bawah kepemimpinan Velupillai Prabhakaran, LTTE berpendapat bahwa mereka adalah pejuang kemerdekaan. Sampai tahun 1970-an orang Tamil bersikeras otonomi tetapi tidak menggunakan metode kekerasan.

Namun, setelah lama berupaya untuk bernegosiasi, orang Tamil mengadopsi keyakinan bahwa pemerintah Sri Lanka yang didominasi orang Sinhala tidak mau bernegosiasi.

Sejumlah organisasi militan dibentuk, termasuk Macan Tamil Baru (the New Tamil Tigers) dan Macan Pembebasan Tamil Eelam (the Liberation Tigers of Tamil Eelam).

Macan Tamil Eelam (Macan Tamil)

Pada tahun 1979, LTTE memulai melakukan penyerangan ke sasaran militer. Pada Juli 1983, 16 tentara tewas sehingga menyebabkan terbunuhnya ribuan warga sipil Tamil oleh tentara Sri Lanka.

Menanggapi kekerasan oleh militer, keanggotaan LTTE justru meningkat secara dramatis. Pada 1984, LTTE telah memulai serangan dengan intensitas lebih tinggi dan menciptakan unit angkatan laut yang disebut Macan Laut. Pada tahun 1987, sebuah unit elit khusus anggota LTTE yang dikenal sebagai Black Tigers dibentuk.

Dukungan dari luar untuk Macan Tamil datang dari sejumlah rezim India. Namun, dukungan itu berakhir saat terjadi pembunuhan oleh seorang  LTTE atas perdana menteri India Rajiv Gandhi.

Untuk pasokan senjata, diperoleh dari  Macan Tamil internasional yang berlokasi di London dan Paris, dengan memfasilitasi sejumlah pembelian senjata.

Pendanaan untuk kegiatan berasal dari komunitas ekspatriat Tamil di Barat. Kegiatan penggalangan dana lainnya termasuk pemerasan dan perdagangan ilegal serta melakukan bisnis dan badan amal yang sah.

Banyak pengamat teroris mencatat bahwa bagian dari jaringan Tamil adalah termasuk kapal barang. Ini telah menimbulkan kekhawatiran tentang penggunaan armada kapal laut dalam operasi teror terutama yang dilakukan Macan Laut.

Namun, sangat sedikit pemberontak Tamil yang ditangkap hidup-hidup. Ini karena rezim pelatihan yang keras yang mencakup indoktrinasi politik yang menekankan pentingnya tidak ditangkap.

Untuk itu, orang-orang yang direkrut Macan Tamil biasanya mengenakan kapsul sianida di leher mereka dan didorong untuk bunuh diri jika tertangkap.

Selain itu, Macan Tamil adalah salah satu kelompok teroris modern pertama yang mendorong pemboman bunuh diri. Banyak juga tulisan mengenai praktik LTTE dalam merekrut anak-anak untuk ikut dalam perang pemberontakan.

Organisasi pemberontak Macan Tamil juga telah dianggap menciptakan perang konvensional dan serangan yang menargetkan warga sipil. Macan Tamil juga dituduh melakukan pembersihan etnis.

Secara khusus, Macan Tamil berusaha untuk memindahkan semua penduduk non-Tamil dari negara bagian Jaffna di Tamil pada tahun 1990.

Pada 2001, LTTE secara tak terduga membatalkan seruannya untuk negara Tamil yang terpisah dan mengurangi tuntutannya terhadap otonomi daerah.

Norwegia menegosiasikan gencatan senjata, yang pada pertengahan 2006. Pada musim panas 2006, seruan untuk “Perang Terakhir” untuk kemerdekaan Tamil Eelam muncul.

Macan Tamil, di samping kegiatan militernya, menyediakan sejumlah layanan pemerintah. Pemerintah LTTE secara de facto mendanai sekolah, rumah sakit, kantor polisi, pengadilan, dan layanan kota lainnya. Pemerintah informal LTTE beroperasi di bawah dasar sosialisme.

Pembebasan Macan Tamil Eelam juga memiliki sayap politik, Aliansi Nasional Tamil, meskipun upaya formal belum dilakukan untuk membuat partai politik.

 

Pembebasan Macan Tamil Eelam – Sri Lanka

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *