Mengenal Jenis Gancu dan Kegunaannya

Mengenal Jenis Gancu

Gancu adalah alat berbentuk kaitan, umumnya bentuknya melengkung seperti tanda tanya. Namun ada juga yang bentuknya letter L, melengkung kotak, dan sebagainya. Perbedaan bentuk tersebut dikarenakan fungsinya yang berbeda pula.

Ujung gancu bisa tajam bisa tumpul tapi biasanya tajam. Karena ketajamannya agar bisa mengait benda dengan lebih baik dan tidak mudah terlepas.

Jenisjenis Gancu dan Kegunaannya

Gancu ada beberapa jenis, beberapa di antaranya yaitu gancu hewan, gancu karung, gancu buah, dan gancu angkat. Selain jenis-jenis gancu tersebut juga ada jenis gancu lainnya.

Gancu hewan

Biasanya gancu jenis ini digunakan untuk menangkap hewan. Yang paling sering adalah untuk menangkap ikan atau ular dan mungkin juga buaya. Ukurannya juga bermacam-macam tergantung besarnya hewan yang akan ditangkap.

Saat memancing ketika mendapatkan ikan yang besar untuk menangkapnya dibutuhkan bantuan gancu. Karena kalau langsung ditarik dengan pancing ada resiko tali atau senar pancing akan putus. Sehingga ketika ikan sudah di permukaan dan dekat dengan si pemancing digunakanlah gancu untuk menangkap dan mengangkat ikan.

Untuk ikan setidaknya ada dua jenis gancu, yaitu gancu bermata satu dan bermata dua. Gancu bermata satu ukurannya lumayan besar gunanya untuk menangkap ikan yang jenisnya besar.

Gancu bermata dua biasanya untuk menangkap ikan yang ukurannya lebih kecil namun cukup besar sehingga bisa memutuskan tali pancing. Gancu ini digerakkan dengan tuas, yang kalau ditekan maka mulut gancu akan membuka. Setelah ikan ditangkap, biasanya pada mulutnya, tuas dilepas dan kedua mata gancu akan mengait mulut ikan.

Gancu karung

Gancu karung mempunyai ujung yang runcing dan tajam. Sesuai namanya fungsinya adalah sebagai alat bantu untuk mengambil karung. Karena karung yang sudah terisi akan berat dan jika diambil dengan tangan saja akan susah.

Gancu model ini sering digunakan di pergudangan seperti gudang beras, gudang jagung, gudang kedelai pokoknya bahan-bahan yang menggunakan karung untuk menyimpannya. Biasanya karung yang cocok dengan gancu ini adalah karung goni karena tidak mudah sobek jika dikait dengan gancu. Kalau karung kain dan plastik tidak disarankan diambil menggunakan gancu.

Gancu buah

Gancu buah digunakan untuk memanen buah dan untuk mengangkat buah yang sudah dipanen ke dalam mobil pengangkut. Gancu jenis ini banyak digunakan di perkebunan kelapa sawit dan kelapa, karena memang sesuai. Sebab kelapa dan kelapa sawit mempunyai kulit yang tebal dan keras sehingga buahnya tidak rusak ketika digancu.

Baik gancu karung maupun gancu buah bisa mempunyai pegangan yang berbeda. Ada yang lurus pegangannya ada juga yang menambahkan kayu yang dipasang melintang horizontal. Palang kayu tersebut memudahkan untuk pegangan dan juga menambah kekuatan genggaman.

Gancu angkat atau gancu baja

Gancu ini lebih tepatnya disebut pengait. Biasanya terbuat dari besi yang tebal, melengkung dengan ujung yang runcing. Namun di pangkalnya ada semacam mata, yaitu lubang pada pangkalnya fungsinya untuk memasangkan gancu pada alat pengangkat.

Gancu model ini banyak digunakan di industri yang memerlukan pengangkatan beban berat. Seperti perkapalan, pergudangan, konstruksi, pertambangan, dan lain sebagainya.

Asmarines.com adalah website PT Anugrah Sukses Marine. Menjual banyak peralatan terutama yang digunakan di perkapalan termasuk gancu.

Namun jenis gancu yang dijual hanya gancu angkat atau gancu baja. Tersedia produk-produk gancu baja yang berkualitas baik dengan brand yang sudah dikenal seperti Crosby dan Thiele.

 

Mengenal Jenis Gancu dan Kegunaannya

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.