Alasan Mie Instan Harganya Bisa Murah

Harga Mie Instan Murah

Mie instan sudah menjadi bagian hidup masyarakat di tanah air. Keberadaannya kadang menjadi penyelamat bagi anak kos di perantauan. Harganya yang murah tapi cukup mengenyangkan ini menjadikan mie instan sebagai primadona oleh banyak kalangan.

Sejarah Mie Instan

Awal mulanya mi instan ditemukan oleh Momofuku Ando di tahun 1958. Momofuku Ando kemudian mendirikan perusahaan Nissin di Jepang. Ide menciptakan mi instan awalnya dari kelangkaan makanan di Jepang. Usai Perang Dunia II, masyarakat Jepang mengalami kelangkaan makanan. Sejak saat itulah mi instan terus berkembang hingga sekarang termasuk di Indonesia.

Bahkan beberapa waktu yang lalu produk mie instan dari negeri Indonesia juga dinobatkan sebagai mie instan terenak di dunia. Maka jangan heran jika produksi mie instan dari Indonesia bisa dieksport ke luar negeri. Cita rasa yang dimiliki mie buatan anak bangsa ini ternyata juga sampai di lidah para bangsa lain.

Harga Mie Instan Murah

Saat pertama kali diciptakan, biaya produksi mi instan kala itu bisa enam kali lipat dari mi biasa. Namun, perlahan biaya produksi bisa ditekan dan berjalan dengan baik.

Menurut situs Healthline, harga mie instan yang terjangkau berasal dari biaya produksi yang sangat murah. Mie dibuat dari tepung terigu yang telah diperkaya dengan bentuk sintetis vitamin B dan zat besi. Setelah itu, mie dikukus, dicelupkan ke dalam kaldu ayam, kemudian digoreng. Proses inilah yang akan menciptakan mie bisa tahan lama.

Alasan lain mengapa mie instan memiliki harga murah karena mie instan dibuat sesederhana mungkin agar harganya bisa ditekan dan bisa dibeli oleh banyak kalangan.

Di Indonesia sendiri produk mie instan biasanya dibuat murah supaya bisa menjangkau banyak kalangan termasuk para pekerja hingga anak kostan yang memang menjadi mie instan sebagai santapan favorit mereka setiap saat.

Fakta Mie Instan. Jika dibandingkan dengan negara lain, mi instan di Indonesia adalah mie instan paling simpel, sederhana, dan murah. Sebagai contoh di Jepang, mie instan biasanya memiliki ukuran 4 kali lipat lebih besar, tapi dengan harga yang bisa mencapai 13 kali lipat lebih mahal.

Selain itu, skala produksi yang sangat besar juga membuat harganya bisa murah sekali di tanah air. Setiap tahunnya, produksi mie instan bisa mencapai miliaran bungkus.

 

Alasan Mie Instan Harganya Bisa Murah

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.