Fakta Sejarah Perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat

Tradisi Perayaan Hari Thanksgiving

Perayaan Thanksgiving merupakan sebuah tradisi mengucapkan terima kasih dan rasa bersyukur oleh sebagian masyarakat Amerika Serikat dan Kanada. Awalnya, pesta Hari Pengucapan Syukur (Thanksgiving day) ini, pertama kali diselenggarakan oleh kaum pilgrim (imigran Eropa) yang bermukim di Plymouth, Massachusetts dengan mengadakan pesta makan bersama penduduk asli Amerika suku Wampanoag pada tahun 1621 untuk merayakan hasil panen yang melimpah.

Tradisi Perayaan Hari Thanksgiving

Perayaan Thanksgiving Day (Hari Pengucapan Syukur) merupakan hari libur resmi di Amerika Serikat yang jatuh pada Kamis keempat di bulan November. Sedangkan di Kanada, Thanksgiving jatuh pada hari Senin kedua di bulan Oktober. Thanksgiving pun dijadikan kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara.

Tradisi perayaan Hari Thanksgiving umumnya dirayakan dengan menikmati makan malam Thanksgiving bersama keluarga, teman, dan kerabat dengan hidangan utama daging Kalkun, sehingga Thanksgiving juga dikenal sebagai “Hari Kalkun”. Sembari menikmati sajian makanan, mereka saling bercerita mengenai hal-hal yang telah dialaminya.

Meskipun Thanksgiving merupakan perayaan yang tidak begitu bersifat komersial, namun banyak kartu ucapan dan dekorasi Thanksgiving yang dijual di toko. Selain itu, orang juga kebanyakan tidak mengharapkan diberi hadiah, dan memang tidak mempunyai tradisi ganti menukar hadiah. Umumnya mereka hanya menikmati makanan dan minuman bersama tuan rumah yang mengundang.

Kendati demikian, tidak ada salahnya jika memberikan hadiah kepada tuan rumah yang mengundang pesta Thanksgiving sebagai ucapan terima kasih. Hadiah tanda terima kasih adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada tuan rumah bahwa telah lakukan untuk membuat liburan terasa istimewa. Untuk menemukan hadiah keramahtamahan yang tepat, uraian Perfect Thanksgiving Gift for The Host bisa menjadi referensi.

Lenterapedia:  Perang Vietnam Perang Panjang Amerika

Fakta Sejarah Perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat

Pesta Thanksgiving yang diselenggarakan sesudah panen secara berangsur-angsur menjadi bertambah meriah di menengah abad ke-17. Namun penyelenggaraan Thanksgiving belum serempak, masing-masing koloni memiliki hari Thanksgiving sendiri-sendiri.

  • Koloni Massachusetts Bay merayakan Thanksgiving yang pertama pada tahun 1630. Sejak itu Thanksgiving terus diselenggarakan secara teratur, sampai akhir-akhirnya sekitar tahun 1680 ditetapkan sebagai festival tahunan di koloni Massachusetts Bay.
  • Koloni Connecticut memulai perayaan Thanksgiving sejak 1639, dan mengadakannya setiap tahun sampai 1647, dengan pengecualian pada tahun 1675.
  • Orang Belanda di New Netherland menetapkan satu hari khusus untuk merayakan Thanksgiving pada tahun 1644, dan sesudah itu kadang-kadang ditetapkan kembali.

Selama Perang Revolusi Amerika, Continental Congress menetapkan tanggal penyelenggaraan Thanksgiving yang bisa satu hari atau lebih, dengan perkecualian pada tahun 1777. Setiap kali tanggal Thanksgiving ditetapkan, Continental Congress menyarankan kepada pemimpin masing-masing negara bagian untuk melangsungkan Thanksgiving pada tanggal yang sudah dipastikan. Continental Congress sejak 1777 sampai 1783, setiap tahunnya menetapkan Thanksgiving di bulan Desember, dengan perkecualian pada tahun 1782.

George Washington, pemimpin pasukan revolusioner pada Perang Revolusi Amerika mengumumkan Thanksgiving di bulan Desember 1777 sebagai perayaan kemenangan sesudah mengalahkan pasukan Inggris dalam Pertempuran Saratoga.

Lenterapedia:  Latar Belakang Sejarah Sebutan "Serambi Mekah" Aceh

Pada tahun 1789 dan 1795, George Washington sekali lagi mengumumkan Thanksgiving, tapi kali ini dalam kapasitasnya sebagai presiden. Penetapan Thanksgiving oleh Presiden George Washington pada tahun 1789 adalah berkat rekomendasi sebuah resolusi yang ditetapkan Dewan Perwakilan dan Senat. Hari Thanksgiving ditetapkan secara nasional pada tanggal 26 November 1789.

Presiden John Adams mendeklarasikan Thanksgiving pada tahun 1798 dan 1799. Presiden Madison, menetapkan satu hari untuk perayaan Thanksgiving di waktu hampir selesainya perang tahun 1812 sebagai jawaban atas resolusi Kongres. Selain itu, Presiden Madison pernah menetapkan liburan Thanksgiving sejumlah dua kali pada tahun 1815, tapi keduanya tidak dirayakan di musim gugur.

Sejak tahun 1817, setiap tahun Gubernur New York menetapkan hari Thanksgiving. Di beberapa negara-negara Selatan, hari Thanksgiving pernah ditentang dengan alasan hanya mempertahankan sisa-sisa kebudayaan puritan. Tapi pada tahun 1858, gubernur 25 negara bidang dan 2 teritori sudah menetapkan hari Thanksgiving secara bersama-sama.

Di tengah Perang Saudara Amerika Serikat, Presiden Abraham Lincoln menetapkan hari Thanksgiving nasional untuk dirayakan pada hari Kamis terakhir di bulan November 1863. Penetapan hari Thanksgiving merupakan reaksi atas serangkaian editorial yang ditulis Sarah Joseph Hale. Sejak tahun 1863, Thanksgiving dirayakan setiap tahun di Amerika Serikat secara resmi.

Lenterapedia:  Sejarah Terbentuknya UNICEF

Pada tahun 1939, Presiden Franklin D. Roosevelt menetapkan Thanksgiving pada hari Kamis ahad ketiga di bulan November dan tidak lagi pada Kamis ahad keempat. Pengumuman ini diterapkan ketika ekonomi Amerika masih berada di tengah Great Depression. Deklarasi Roosevelt mengenai Thanksgiving hanya dipatuhi 23 negara bagian, sedangkan 22 negara bagian tidak mengindahkannya.

Pada tahun 1941, Kongres Amerika Serikat menetapkan hari Thanksgiving pada Kamis keempat di bulan November dan Presiden Roosevelt menetapkan rancangan undang-undang ini dihasilkan bentuk sebagai undang-undang pada tanggal 26 November 1941.

Sejak tahun 1947, setiap tahunnya Federasi Kalkun Nasional mempunyai tradisi memberi hadiah 2 ekor kalkun yang sudah dibersihkan dan siap dimasak dan satu ekor kalkun hidup kepada Presiden Amerika Serikat. Kalkun yang masih hidup diampuni nyawanya dan menjadi hewan peliharaan di peternakan.

Tahun 1970, sekelompok orang yang berintikan Suku Indian mengadakan peringatan kontroversial Hari Berkabung Nasional (National Day of Mourning) sebagai protes perayaan Thanksgiving di Plymouth Rock, Plymouth, Massachusetts.

Mulai tahun 2003, masyarakat diundang turut serta dalam kontes memberi nama kalkun. Pada tahun 2003, dua kalkun diberi nama Stars and Stripes. Biscuit dan Gravy terpilih sebagai nama dua ekor kalkun pada tahun 2004. Pada tahun 2005, nama yang terpilih adalah Marshmallow dan Yam (yang sekarang tinggal di Disneyland).

 

Fakta Sejarah Perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *