Mengenal Bunga Lili (Lilium Candidum)

Bunga yang cantik ini dikenal semenjak jaman Yunani kuno. Nama Lili (Lily) atau Lilium adalah bentuk Latin berasal dari kata Yunani, Leirion. Penyebaran bunga Lily meliputi wilayah Eropa dan meliputi daerah Mediterania Utara, melintas kesebagian besar wilayah Asia menuju Jepang, India, dan Filipina Selatan. Dan saat ini telah menyebar ke wilayah selatan Kanada melalui Amerika Serikat.

Bunga Lili (Lilium Candidum)

Ada beberapa tanaman yang juga disebut sebagai lili, tetapi sebenarnya bentuk ataupun jenisnya jauh berbeda dari lili yang sebenarnya.

Lily merupakan tanaman berbunga yang tumbuh dari umbi. Terdapat sekitar 100 jenis tanaman lily. Berwarna lembut serta memiliki keharuman yang khas membuat bunga ini seringkali ditanam sebagai tanaman hias atau bunga potong. Namun selain dikagumi karena bentuk bunganya yang cantik, ada beberapa jenis lily terkadang ditanam lalu dipanen hanya untuk diambil umbinya saja.

Lenterapedia:  Mengenal Bunga Sakura (Prunus Jamasakura)

Biasanya bunga lily tumbuh menyesuaikan diri dengan habitatnya, seperti daerah berhutan, pegunungan atau terkadang daerah rerumputan. Bahkan beberapa dapat bertahan hidup di tanah rawa dan memiliki akar mengambang  seperti yang terkenal di Asia Tenggara (Lilium Arboricola). Tetapi pada umumnya tanaman ini dapat tumbuh baik di tanah yang gembur.

Tanaman Lily merupakan jenis tanaman yang rimbun. Untuk bunganya sendiri, bunga ini terdiri dari enam kelopak yang cukup besar, biasanya wangi dan memiliki beragam warna mulai dari putih, kuning, oranye, merah muda, merah dan ungu. Ada juga yang berbintik-bintik dan bergaris-garis lembut.

Bunga Lily memiliki kelebihan diantaranya dapat bertahan hidup lebih lama juga memiliki wangi yang tahan lama  jika dibandingkan dengan bunga lainnya.

Lenterapedia:  Sejarah Penyelenggaraan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia

Perawatan Bunga Lily

Untuk  perawatannya, bunga lily sangat memerlukan air yang cukup agar tidak kekeringan. Dan ingat, jangan tempatkan tanaman lily di tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Akar tanaman ini biasanya cukup banyak dan menjuntai keluar oleh karena itu Anda perlu mengganti media tanamnya bila akar tanaman lily telah membentuk bola hingga dinding pot.

Untuk pergantian ini sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan dimana pada saat itulah tanaman lily dalam kondisi aktif tumbuh.

Jenis-jenis Lily

Menurut bentuknya sendiri, secara garis besar terdapat 3 bentuk bunga lily,

  • Bowl Shaped : Kelopak bunga melebar keluar dan bunganya berukuran sangat besar
  • Trumpet Shaped : Kelopak bunga menbentuk tabung dan melengkung diujungnya, seperti terompet.
  • Turk’s Cap-Shaped : Kelopak bunga bergulung keluar (sangat melengkung)
Lenterapedia:  Tanaman Air Bunga Seroja (Nelumbo)

Sedangkan menurut  speciesnya, secara garis besar terdapat 4 jenis lily,

  • Lilium Regale, terkadang dikenal sebagai Regal Lily atau Lilium Trumpet Regale. Memiliki bunga berbentuk terompet berwarna putih dengan pangkal kuning dan wangi yang semerbak.
  • Lilium Henryi, merupakan species asal China, berwarna oranye. Berbentuk tegap dan biasanya berbunga banyak.
  • Lilium Candidum, berasal dari Timur Tengah.  Sangat harum dan sangat popular.
  • Lilium Lancifolium,  berbentuk Turk’s Cap,  berwarna oranye dengan bintik-bintik yang gelap.

Manfaat Bunga Lily

  • Sebagai bunga potong
  • Sebagai bahan kosmetika
  • Sebagai bahan obat-obatan
  • Sebagai bahan parfum

 

Bunga Lily (Lilium Candidum L)

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *