Manfaat Bunga Matahari (Helianthus annuus)

Bunga matahari adalah salah satu dari sekian banyak tumbuhan semusim, bunga ini hanya tumbuh dalam satu tahun saja. Bentuk bunganya yang merekah dan mirip dengan matahari menjadi alasan mengapa bunga ini disebut bunga matahari. Selain itu ada satu kebiasaan unik dari bunga matahari, yaitu dia selalu mengikuti arah gerak matahari.

Bunga Matahari (Helianthus annuus)

Saat matahari terbit, bagian muka dari bunga matahari akan menghadap kearah timur. Sepanjang hari pun gerakkan nya akan mengikuti arah matahari dari timur ke barat. Geraknya bunga matahari ini di sebut gerak fototropisme, yaitu gerak bagian tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan luar dalam hal ini adalah rangsangan dari matahari.

Lenterapedia:  Mengenal Tanaman Bunga Teratai

Bunga matahari pertama kali ditemukan oleh Fransisco Pizarro sekitar 2600 SM, walau dalam perkembangannya menjadi bunga nasional dari Negara Republik Rakyat China, dan menjadi bunga resmi Negara bagian Kansas.

Jaman dahulu kala, banyak diantara rakyat Amerika menggunakan bunga matahari sebagai simbol dari dewa matahari yang selama itu mereka sembah.

Budidaya Bunga Matahari

Bunga matahari dapat tumbuh dengan baik di daerah yang mendapatkan sinar matahari penuh. Tanah yang subur, lembab menjadi lahan yang bagus bagi pertumbuhannya. Bunga matahari tidak dapat hidup di daerah yang tergenang air karena akarnya akan membusuk.

Budidaya bunga matahari dapat dilakukan dengan memanfaatkan bijinya. Tinggi dari tumbuhan ini berkisar 2 – 3 meter, tapi tergantung varietasnya. Selain keindahan bunganya, bunga matahari dibudidayakan untuk di ambil bijinya.

Lenterapedia:  Perbedaan Asuransi Dengan Perjudian

Manfaat Bunga Matahari

Selain sebagai makanan ringan, biji bunga matahari bisa juga dijadikan bahan dasar dari minyak goreng.  Disamping itu biji bunga matahari juga bisa dijadikan sebagai bahan baku dari selai.

Untuk sebagian orang yang sedang menjalani diet berdasarkan golongan darah. Beberapa hasil olahan dari bunga matahari seperti selai dan minyaknya dapat menjadi alternatif untuk dikonsumsi. Minyak bunga matahari kaya akan asam linoleat yaitu asam lemak tak jenuh yang bagus untuk kesehatan.

Menurut penelitian, Asam Linoleat sendiri jika dikonsumsi dengan seimbang akan mampu menurunkan kemungkinan seseorang terkena stroke.

Selain itu beberapa penyakit yang bisa ditanggulangi dengan memanfaatkan khasiat dari bunga matahari adalah sakit kepala, radang payudara, rematik, sulit buang air besar dan kecil, serta disentri.

Lenterapedia:  Cara Tanam Bunga Aster Dengan Mudah

Biji dari bunga Matahari yang dijadikan makanan ringan ternyata tidak hanya berguna untuk kudapan saja. Tapi dibalik itu, ada khasiat yang terkandung di dalamnya.Kwaci dari bunga matahari ternyata bermanfaat bagi perempuan dalam mengatasi masalah menopause.

 

Bunga Matahari (Helianthus annuus)

Recommended For You

About the Author: Lenterapedia

Lenterapedia merupakan salah satu media online sebagai sarana pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *